4 Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang indah dan Menarik Untuk Di kunjungi

Terdapat puluhan tempat wisata Lombok dekat bandara yang indah dan Menarik Untuk Di kunjungi. Tapi, 4 objek wisata berikut ini berada di Lombok Tengah. Dan bisa di bilang wajib di kunjungi bagi setiap traveler yang datang.
Pulau Lombok

Apa yang membuat destinasi ini begitu menarik? Selain disebabkan keindahan alamnya, beberapa tempat ini juga mempunyai nilai penting bagi masyarakat Lombok.

Dan selalu masuk dalam setiap itinerary paket wisata Lombok atau bagi Anda yang ingin berkeliling sembari menunggu keberangkatan pesawat. Sebab lokasinya tak jauh dari bandara di daerah Praya dan bisa di tempuh hanya beberapa menit saja.

Peta Wisata Lombok

Ok, mari simak ulasan daftar tempat wisata di lombok berikut ini agar dapat Anda bisa memutuskan yang akan berkunjung ke mana.

1. Desa Sade – Primitif Dan Kental Dengan Budaya

Desa Sade Lombok

Desa Sade merupakan desa kuno yang mempunyai sejarah dalam perkembangan budaya di daerah Lombok. Desa ini terbentuk sejak 600 tahun lalu, di tempat ini Anda dapat melihat refleksi kehidupan masyarakat Suku Sasak (suku asli Lombok) di zaman dahulu. ​

Kebanyakan penduduknya tak mengenal teknologi dan masih mempertahankan pola hidup dari zaman dahulu. Semuanya dapat Anda lihat dari gaya berpakaian mereka, bentuk rumah atau bangunan lainnya.

Setiap bangunan masih menggunakan lantai tanah dan dalam waktu tertentu lantai akan di lumuri kotoran kerbau. Menurut kepercayaan mereka ini bisa menghilangkan nilai magis dan juga bisa membuat lantai lebih kuat.

Bila berkunjung Anda dapat mencoba masuk ke rumah penduduk. Dimana setiap rumah mempunyai  pola interior yang sama dan terbagi dalam beberapa ruangan yang di atur oleh ketentuan adat dan kepercayaan.

Sumber dari penghasilan masyarakat Sade adalah bertani bagi kaum pria dan membuat kain tenun ikat bagi kaum perempuan.

Peralatan yang mereka gunakan masih sangat traditional, Anda bisa melihat dan mencoba proses pembuatan kain tenun.

Dari pemintalan benang yang di ambil dari bunga kapas di sekitar pekarangan mereka. Proses pewarnaan benang dan pembuatan kain dengan alat yang terbuat dari kayu yang di kenal dengan nama sesek.

Setiap perempuan harus bisa melakukan pekerjan ini. Karena menurut aturan adat istiadat, keahlian membuat kain ialah syarat mutlak seorang gadis di izinkan untuk menikah.

Penduduk dari desa ini masih satu keluarga karena kebanyakan dari mereka sudah menikah. Sebab selain sebagai cara mereka mempertahankan adat. Cara ini juga di anggap murah karena bisa menikah dengan penduduk desa lain akan sangat mahal sebab pihak pria harus mengeluarkan kerbau sebagai seserahan.

Tak hanya itu. Dalam waktu tertentu Anda dapat melihat beberapa tarian dan atraksi budaya yang di adakan untuk acara adat. Seperti tari peresean, yang melambangkan kesatria.

Dua laki-laki akan berduel dengan rotan dilengkapi perisai dari kulit kambing atau tarian Amaq Gerah, sebutan seorang pria yang bertugas membuat raja tertawa.

Semua tarian yang akan di iringi alat musik tradisional yang di kenal dengan sebutan gendag Beleq. Karena kental akan budaya dan kearifan lokal dari adat istiadat, desa ini di jadikan tujuan dari prioritas tempat wisata oleh pemerintah NTB.

Lokasi Sade sangat dekat dengan bandara hanya sekitar berjarak 9.1 Km . Untuk sampai disana membutuhkan waktu sekitar 14 menit berkendara.

2. Desa Sukarara – Coba Buat Kain Tenun Dan Pakaian Adat

Desa Sukarara Lombok

Sukarara merupakan desa yang hampir seluruh penduduknya bekerja sebagai seorang pembuat kain tenun songket.

Kain tenun ini merupakan khas daerah Lombok yang mempunyai  beragam motif, nama dan nilai sejarah.

Seperti pada motif Subanalae merupakan motif yang di buat oleh istri raja selama berbulan-bulan di dalam kamarnya. Sehingga mengundang decak kagum oleh sang raja akan keindahannya, sehingga raja mengucapkan “Subhanalloh”. Kalimat itu  membuat nama salah satu kain traditisional dalam budaya dan adat sasak di sebut motif Subanale.

Desa ini juga di kenal mempunyai pengrajin sangat apik dan rapi, serta masih menggunakan perlatan rumit dari bambu dan kayu dalam proses pembuatannya. Bila anda ingin berlibur ke daerah Lombok coba mampir ke daerah sana.

Di tempat ini para wisatawan juga dapat melihat dan mencoba proses pembuatan kain.

Anda juga dapat mengunjungi Patuh Maju atau Darma Setia, kedua tempat ini merupakan artshop tempat penjualan kain khas Lombok. Yang di ambil dari para pengrajin di sekitaran desa, maklum saja 1 kain dapat menghabiskan waktu minimal 1 bulan pembuatan. Untuk itu pakaian yang terbuat dari kain tenun ini bagus kualitasnya.

Anda dapat mencoba mengenakan pakaian Adat khas Lombok sambil berfoto atau berpose di Bale Lumbung yang merupakan bentuk rumah yang digunakan untuk penyimpanan padi pada zaman dahulu. Tanpa harus mengeluarkan rupiah.

Sukarara berjarak hanya 12 km dari bandara atau kurang lebih sekitar 20 menit berkendara. Sama dengan Sade tempat ini juga terbiasa di kunjungi leh wisatawan dari mancanegara.

3. Pantai Kuta – Pusat Wisata Dan Keramaian

Pantai Kuta Lombok

Kawasan pantai ini merupakan kawasan ekonomi khusus dan sebagai pusat wisata di Lombok Tengah. Jadi jangan heran apabila Anda akan melihat pembangunan jalan yang lebar, hotel dan fasilitas umum sedang marak-maraknya di sekitaran pantai.

Bahkan, circuit Moto GP yang di rencanakan juga beroperasi di tahun 2020 sedang dalam proses pembangunan. Jika ini akan benar terjadi, kita tak bisa membayangkan bagaimana ramainya pantai ini.

Kecantikan dari pantai kuta ini sangat luar biasa dengan bibir pantai yang cukup luas di kelilingi oleh perbukitan, ombak yang tenang dan juga pasir putih.

Oleh sebab itu, Kuta juga di jadikan destinasi tempat menginap di Lombok selain Senggigi karena terdapat banyak hotel dengan berbagai kelas. Saat ini, Kuta lebih ramai di kunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Sebagai tempat wisata, para turis juga lebih mudah mengunjungi objek wisata di sekitaran Kuta. Seperti Bukit Merese, Mawun, Seger, dan berbagai tempat lainnya.

Pantai Kuta berjarak hanya sekitar 13.9 km dari bandara Lombok atau sekitar 21 menit perjalanan. Destinasi ini dapat Anda jadikan pilihan untuk berlibur bila Anda ingin menikmati wisata alam dan budaya di kawasan Lombok Tengah.

4. Pantai Seger – Dinamika Alam dan Sejarah Putri Cacing

Pantai Seger Lombok
Tak jauh dari Kuta hanya berjarak 1,5 km. Pantai Seger merupakan tempat wisata Lombok dekat bandara yang mempunyai nilai sejarah dan dinamika alam yang cukup unik.

Diambil dari Sejarah seorang putri raja yang membuang dirinya karena bingung harus memilih 3 pangeran yang ingin melamarnya. Jika harus memilih 1 maka perang pasti terjadi, sebab itu ia mengadakan sayembara dan mungundang khalayak ramai di Pantai Seger.

Setelah naik di atas bukit sang putri berjanji kelak dalam kurun waktu tertentu aku pasti kembali dan dapat kalian lihat dan nikmati aku dalam bentuk cacing laut. Lalu sang putri melompat ke dalam laut. Antara akhir maret dan awal april cacing ini pun muncul.

Anehnya, cacing ini hanya terdapat di sekitaran pantai, cacing ini di kenal dengan Nyale dan memiliki 4 warna yaitu kuning, biru, hijau, dan hitam.

Sebab inilah, festival Bau Nyale yang di adakan sekali setahun di gelar di Pantai Seger. Dimana festival ini merupakan pertujukan budaya dan juga ajang promosi pariwisata.

Dan di malam harinya masyarakat umum akan menangkap cacing laut tersebut yang di yakini jelmaan sang putri untuk di jadikan makanan yang di percaya mempunyai banyak manfaat.

Selain sejarah, seger juga menyimpan kecantikan dari berbagai alam di kelilingi perbukitan dan garis pantai pasir putih yang berbentuk teluk-teluk kecil.

Seger juga merupakan spot untuk para surfer karena ketinggian ombaknya yang dapat mencapai 6 kaki di bagian tengah kawasan ini.

Kesimpulan Wisata Lombok Dekat Bandara

Jika Anda mencari tempat wisata menarik di lombok yang terkenal dan tidak jauh dari bandar udara, penginapan murah dan hotel yang harganya cukup terjangkau, maka 4 spot wisata menarik di atas wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di pulau Lombok.

Tinggalkan komentar