Wisata Kuliner Jogja: 10 Tempat Makan Kekinian, Unik dan Lagi Hits

Wisata kuliner Jogja – Siapa yang tak kenal Yogyakarta. Saya pribadi, mendengar nama Jogja ini bawaannya kangen sama wisata dan kuliner khasnya yang lengkap dan kekinian.

Makanan legendaris yang asli berasal dari kota ini adalah Gudeg dan masih jadi favorit kuliner hingga saat ini termasuk dari wisatawan mancanegara.

Kota yang benar-benar Istimewa dan dipenuhi berbagai wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kulinernya tersedia lengkap di Jogja.

Wisata Kuliner Jogja

Omong-omong wisata kuliner, di Jogja sendiri sudah tak terhitung jumlah wisata kuliner yang pastinya enak-enak dan unik.

Wisata kuliner di Yogyakarta terkenal dengan cita rasanya yang khas dan harganya yang tak menguras dompet.

Makin seru lagi karena di kota pelajar ini banyak sekali obyek wisata mulai untuk anak-anak dan keluarga seperti Kids Fun Park hingga yang menantang adrenalin yaitu menaiki jip Lava Tour merapi.

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta tak lengkap rasanya jika belum menyantap beragam kuliner yang ada di kota pelajar ini.

Baik, saya yakin Anda yang baca ini sudah merencanakan kulineran di kota ini atau minimal sedang kelaparan sehabis keliling Jogja hehehe

Lanjut…

DAFTAR ISI

10 Kuliner Jogja Lengkap Dengan Daftar Menu dan Harganya

Berikut tempat wisata kuliner di Jogja paling enak. Jangan dilewatkan begitu saja ya, atau Anda nanti akan menyesalinya.

1. Manggar Manding

Rumah Makan Manggar Manding

Yap, ini nama sebuah rumah makan yang legendaris di Jogja. Namanya sudah sangat tersohor.

Apa itu Manggar Manding?

Yaitu gudeg yang terbuat dari manggar atau putik bunga kelapa muda yang merupakan menu istimewa di kerajaan zaman dahulu dan biasanya disajikan dengan sajian sayur krecek dan tempe bacem.

Manggar Manding

Wah, jika Anda menikmati Manggar Manding ini sama artinya dengan menyantap makanan istimewa kerajaan.

Manggar ini digunakan sebagai bahan utama Gudeg menggantikan nangka muda sebagai simbolisasi perlawanan rakyat Bantul pada masa perang Diponegoro melawan kekuasaan pemerintah yang memihak kepentingan Hindia-Belanda.

Restoran Manggar Manding sendiri merupakan ikon kuliner tertua di Yogyakarta dan salah satu kuliner di Bantul yang lagi hits saat ini.

Dengan konsep tradisional di lokasi yang nyaman, ramah keluarga dan tentu saja harganya terjangkau.

Gudeng Manggar adalah menu paling favorit di sini selain menu Bronkos, Gurameh organic bakar madu, botok, Na’Go Manding.dll

Untuk minumannya sendiri ada Teh Batok, Spesial Juice Fantasia Green, Teh Poci, dll.

Video Liputan Manggar Manding

Menu Makanan dan Minuman serta Harganya

Berikut daftar menu dan harga lengkapnya:

Menu Manggar Manding 1
Menu Manggar Manding 2
Menu Manggar Manding 3
Menu Manggar Manding 4
Menu Manggar Manding 5
Menu Manggar Manding 6

Jam Buka Manggar Manding

Manggar Manding buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 21:00 WIB

Lokasi Manggar Manding

Cabang 1: Jl. Parangtritis km 11.5, Manding, Bantul, Yogyakarta

Telp: (0274) 368 707

Cabang 2: Jl. Wonosari km 9 Berbah, Sleman, Yogyakarta

Telp: (0274) 284 0999

Jika Anda tidak ingin mengunjungi restorannya dan ingin memesan makanan atau minuman untuk diantar ke rumah Anda, maka Anda bisa melakukan pemesanan online melalui website mereka.

Ulasan Manggar Manding

Resto yang sangat bagus, bersih, ada foto both. Dari pintu masuk sudah enak dilihat, beberapa genthong gerabah yang menarik. Dua ruang besar di bawah dengan interior yang bagus. Meja dari belahan kayu besar besar yang cantik. Ruang satunya tidak kalah bagusnya. Toilet yang sangat terjaga kebersihannya, ada mushola. Pelayanan juga ramah. Bersih dan nyaman untuk istirahat.

Oleh: Kasiyanta Deka

Strategis pinggir jalan utama menuju kawasan wisata parangtritis, resto dgn suasana nyaman dan bersih, Gudeg Manggarnya yummi paduan rasa gurih, manis dan pedas… pelayanan cepat dan ramah. Nice place & food.

Oleh: Yuda Permana

Tempat makan yang sangat nyaman. Bisa untuk alternatif mampir makan ketika berwisata ke Pantai Parangtritis. Makanannya enak dan pelayanannya ramah.

Oleh: Ahmad Dwi Artadi Putra

2. Kalimilk

UPDATE: Per akhir Agustus 2019, pihak Kalimilk telah menutup usahanya menurut informasi dari suara.com dan info dari Google My Business mereka ini.
Lokasi Kalimilk

Apa itu Kalimilk?

Merupakan sebuah kafe susu terkenal di Yogyakarta yang didirikan oleh Fauzan Rachmansyah.

Yang unik adalah mereka menggunakan kata “nenen” untuk menyebut minum susu. πŸ™‚

Alasan menurut mereka adalah…

Dari lahir kita semua sudah dikenalkan dengan kebiasaan minum (Nenen) air susu dari Ibu (ASI). Yang dimana asi sangat baik untuk membentuk antibody tubuh kita menjadi sehat. Yang diberikan Ibu kita dengan penuh kasih sayang, ketulusan dan rasa bangga memiliki kita.

Kalimilk

​Karena sangat rendahnya tingkat konsumsi susu di Indonesia maka Kalimilk hadir dengan misi untuk mengubah kebiasaan sehat masyarakat Indonesia agar terbiasa mengkonsumsi susu.

Di penghujung akhir tahun 2010 pasca terjadinya erupsi Gunung Merapi banyak petani susu yang kesulitan untuk menjual susu segar hasil perahan mereka.

Menu Susu Kalimilk

Susu Kalimilk berbahan dasar susu segar dari sapi perah dari peternakan Kalimilk di kaki gunung Merapi.

Banyak aneka rasa yang ditawarkan, diantaranya cookies, durian, cokelat, dan aneka snack yang dapat menjadi pilihan para pengunjung.

Varian Kalimilk

Terdapat dua porsi yang ditawarkan yaitu porsi medium dan porsi gajah (porsi yang benar-benar ektra besar).

Untuk Anda yang sedang lapar, kayaknya porsi gajah cocok tuh!

Video Liputan Kalimilk

Video courtesy of Sarah Johnson

Video courtesy of KOMPAS TV

Menu Lengkap Kalimilk dan Harganya

Menu Makanan Kalimilk

Menu Minuman Kalimilk

Jam Buka & Lokasi Kalimilk

Kalimilk berlokasi di jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta dan buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB.

Ulasan Kalimilk

😁
😎

Neners disini adalah pindahan dari jalan nglempong sari, sekarang yang jalan kaliurang bedabya kena tax ppn atau apa itu sehingga total harganya naik 10% nan. Tapi ga apalah. Sekarang ada menu nasi goreng teri nasi goreng iga dan nasi goreng yang lain atau pun menu paketan. Ada pula milk yang premium, ada ukuran medium dan ukuran gajah.Namun untuk penggunaan lantai atas harus menunggu yang vawah agak penuh dulu, karna beberapa kali mau pakai yang lantai atas tidak boleh.Kemudian untuk nasi gorengnya secara tekstur mirip masakan china dengan ciri warna cerah dan gembur kering. Namun disini 2* mengalami nasinya itu “kero” atau”nglengis” atau istilahnya lainnya masih keras yang masih butuh di dang sehingga seperti makan beras yang direndam air panas yang kurang lama.Sudah di sampaikan ke karyawan kasirnya klo nasinya keras kurang matang. Beberapa bulan kemudian juga nemui yang keras lagi oalah… Yo wis ra opo larang yo tetep ta entekne.Untuk parkir gratis.Didepan pintu masuk ada yang jualan mainan tradisional bamboo base seperti gangsingan, seruling, boneka bonggol pring.Beli disitu karna kasihan sama yang jual aja, saya makan habis seratus ribu sedangkan bapak. Yang jualan di depan pintu duduk di lantai melihat orang keluar masuk.Jadi ya ta beli gangsingan yang bisa bunyi nguuuuuuuuuung…. Skalian melatih diri bisa muterin apa ga, karna jaman 90-an saya ga bisa memutar gangsingan.Penggunaan kartu debit disini bisa menggunakan atm bersama jaringan Prima.

Oleh: Wahyu Arief

Kalimilk punya dua lantai. Lantai dasar berAC dan no smoking area, ga terlalu besar tapi nyaman, ada playgroundnya juga di ujung ruangan. Lumayan lah kalau orang tuanya mau meeting tapi anaknya tetep bisa ikut chilling. Lantai atas lebih luas dan sebagian smoking area, khusus diatas interiornya terbuat dari kayu.Menu yang ditawarkan utamanya all about milk, dari susu murni, susu berbagai rasa dingin/hangat dengan pilihan ukuran gelas medium atau gajah. Juga ada smoothies berbagai rasa buah. Untuk makanannya banyak menu western seperti fettucini, cream soup dll. Tapi juga ada menu nasi seperti nasi goreng, nasi ayam goreng, nasi iga bakar dll. Rasanya enak dan pas, bintang 4 lah. Tapi harganya memang diatas rata-rata makanan anak mahasiswa, mungkin karena tempat yg luas dan fasilitas yg ditawarkan kalinya. Oh ya, makanan dan minuman yg dihidangkan ini semuanya fresh, jadi kalau order susu panas ya datangnya dengan keadaan yg panas bukan anget-anget kuku.

Oleh: Echa Amalia

Enak banget parah! Sizenya super besar untuk yang ukuran besar dan tentunya pas buat kantong mahasiswa. Tempatnya juga cozy, tapi agak ramai. Susunya terasa original dan esnya ‘pas’… jadi tidak terasa hambar atau terlalu encer saat es mencair. Cocok buat yang habis jalan jalan keliling jogja dan cari minuman segar.

Oleh: Gabriella Cindy

3. Jejamuran

Jejamuran Jogja

Rumah makan Jejamuran. Sangat unik sekali namanya.

Apa itu Jejamuran?

Adalah rumah makan yang menyediakan menu kuliner serba jamur paling lengkap yang ada di kota Yogyakarta.

Rumah makan ini digagas oleh Ratidjo Hardjo Soewarno pada tahun 2006 untuk menjual hasil budidaya jamur yang melimpah dari beliau.

Pada awalnya tempat ini hanyalah warung sederhana yang dibangun di depan halaman rumah dengan sebuah etalase dan sebuah lincak.

Kini sudah berkembang menjadi besar dan menyediakan 350 kursi untuk penikmat kuliner jamur.

Jejamuran Jogja ini merupakan salah satu tujuan wisata kuliner terbaik dan paling hits di Yogyakarta untuk segmen keluarga.

Restoran Jejamuran

Restoran keluarga ini mengedepankan edukasi makanan yang bergizi tinggi yaitu Jamur.

Jamur sendiri mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemak dalam tubuh, anti inflamasi dan anti mikroba serta menghambat pertumbuhan tumor.

Keunikan kedua adalah, di restoran Jejamuran ini ada etalase barang tertinggal milik dari para pelanggannya. Barang yang tertinggal ini bisa diambil oleh pemiliknya.

Video Liputan Jejamuran

Video courtesy of Pak Martin

Video courtesy of Netmediatama

Menu Lengkap Jejamuran dan Harganya

Menu utama:

Nama MenuHarga
Sate JamurRp. 13.636
Rendang JamurRp. 13.636
Togseng JamurRp. 11.818
Jamur Goreng Tepung Oyster (Tiram)Rp. 12.727
Jamur Goreng Tepung PortabellaRp. 12.727
Jamur Goreng Tepung ShitakeRp. 18.182
Jamur Goreng Tepung MerangRp. 12.727
Jamur Asam Manis Oyster (Tiram)Rp. 15.455
Jamur Asam Manis PortabellaRp. 15.455
Jamur Asam Manis ShitakeRp. 18.182
Jamur Asam Manis MerangRp. 15.455
Jamur Bakar PedasRp. 13.636
Jamur Goreng PenyetRp. 15.455

Menu lain:

Nama MenuHarga
Pepes ShitakeRp. 9.091
Telu Dadar ShitakeRp. 18.182
Sop JamurRp. 11.818
Fu Yung Hay JamurRp. 16.364
Karedok JamurRp. 10.909
Tumis Jamur Lombok IjoRp. 15.455
Tom Yam JamurRp. 20.000
Semur Edan JamurRp. 15.455
King Oyster Lada HitamRp. 22.727
Nasi Uduk JejamuranRp. 15.455
Nasi Uduk Jejamuran SpesialRp. 18.182
Nasi Goreng JejamuranRp. 18.182
Lumpia JamurRp. 3.636
Resoles JamurRp. 3.636

Jam buka & Lokasi Jejamuran

Jl. Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55512

Telp. (0274) 868 170 / 0812 2667 444.

Jam buka: 09:00 s/d 21:00 WIB

Ulasan Jejamuran

First Impresstion, restonya sih besar, parkir luas didepan resto, dan banyak taman bermain seperti kolam ikan, tempat selfie dengan jamur atau gapura dgn tulisan jejamuran.Services, dari keluar parkiran sudah disambut dgn petugas yg membantu menyebrangkan hingga pramuniaga yg mengantarkan ke Receptionis. Bisa pilih kursi indoor/outdoor sesuai kapasitas tamu.Menu, banyak variasi masakan jamurnya, Best Seller sih Sate Jamur, Fuyung Hay, dan Tongseng Jamur. Yg ga suka jamur ada Ayam Goreng dan appertizer tempe/tahu goreng dan lumpia jamur. Untuk minuman, ada es cendol jamur, honey lime, dkk.Price, 10rb – 25rb benar-benar antara harga dan rasa itu value for money.Fasilitas, toilet bersih dan mushola/masjid juga tersedia walau tempat sedikit terbatas. Dan tentunya ada outlet buat belanja oleh2.Note: saat Ramadhan tiba, kita tidak bisa pilih mau duduk dimana. Mungkin ini harus diubah dan diberikan limited seat by reservation. Tetapi saat pagi pun saya reservasi katanya bisa milih kursi secara bebas. Pada saat sampai di tkp eh di cuekin ga bisa pilih kursi. Dan diberikan kursi dan meja yg sebaris dengan Customer lain yg membuat kenyamanan kita dikorbankan. Ditambah lagi, kita udah pesan sejak jam 4, yg normalnya pesanan tiba 10 menit kemudian, tetapi kemarin berbeda karena 5 menit sebelum Buka Puasa, pesanan semua orang baru diantarkan, Itu sangat tidak efektif!.

Oleh: Ardian Mustofa

Recommended place. Tempatnya enak, nyaman, dan banyak kursi yg tersedia, rasa makanan juga enak walaupun bahan dasarnya jamur.Pelayanan cepat, tapi ada satu menu yg sangat lama β€œfuyunghai” so kita cancel aja krn udh mau buru2 pergi jg.Buat parkir mobil disediakan ada 2 lokasi. Satu yg disebrang resto dan satu lg bbrp meter dr resto. Tapi jgn khawatir krn mereka menyediakan mobil semacam mobil wara wiri untuk antar jemput (NO FEE) Tempatnya bersih toilet, mushollah dll .β€”sate jamurnya rasa nya kaya daging harga 17rbTongseng jamurnya jg enak harga 19rbEs dawet nya juga pas banget di lidah.β€”fasilitas lengkap. Ada kolam ikan, ada toko kecil yg menyediakan oleh2 khas jamur, kolam untuk spa kaki dgn ikan, dan satu tmpt yg menampilkan bermacam tanaman jamur.β€”terimakasih jejamuran. Kami senang berada disini. πŸ™‚

Oleh: Meyfa Iswanti

Tempatnya luas, pelayanannya bagus, gercep. Petugasnya ada dimana2.. Lahan parkirnya luuaaaas banget. Ada di 2 tempat. Disediain mobil kereta untuk antar customer ke lokasi restonya kalo parkirnya jauh. Securitynya juga sigap. Tukang parkirnya bagus. Parkir gratis & dia gak mau dibayar sama customer. “gratis kok pak” katanya.. Makanannya enak2.. Kayak sate jamur, kayak kulit ayam rasanya.. But I prefer yg bumbu kacang than bumbu kecap.. Enakan yg bumbu kacang. Hhee.. Sup jamurnya juga enak. Rendang jamurnya maknyuuuusss.. Jamur penyetnya enak. Tapi kayaknya kalo pake sambel bawang (rawit merah, bawang putih, garem ama disiram minyak panas) itu kayaknya bakal jauh lebih mancaaappp. Kmaren pakenya sambel terasi. Di sini juga ada menu ayam.. Jadi kalo ada anak2 yg gak suka jamur, bisa pesan menu ayam. Ada ayam bakar, ayam goreng..Maa syaa Allah tabarakallaah..

Oleh: Icha Mardianto

4. Bong Kopitown

Bong Kopitown di siang hari

Apa itu Bong Kopitown?

Adalah salah satu tempat wisata kuliner unik di Yogyakarta karena memiliki konsep penjara.

Bangunannya pun menyerupai penjara, terdapat sipir penjara yang siaga di balik meja kasir dan narapidana yang sibuk mengantar pesanan ke setiap meja makan.

Suasana penjara Bong Kopitown

Restoran ini dimiliki oleh Bong Chandra seorang motivator sukses. Dengan tagline “The Happiest Prisoner on Earth” memang sesuai pelayanan dan kelezatan menunya.

Pelayan ala narapidana

Adapun menu yang ditawarkannya yaitu sapo tahu, kopi tetes, rendang spicynoodle, dan sebagainya. Daftar menunya dibuat unik yaitu dibuat dalam bentuk selembar koran yang berisi daftar menu yang ditawarkan.

Video Liputan Bong Kopitown

Video courtesy of Official Net News

Video courtesy of OK Food Net

Menu Lengkap Kopitown dan Harganya

Menu dan Harga Bong Kopitown Jogja 1
Menu utama dan harga Bong Kopitown
Menu harga Bong Kopitown

Kisaran Harga: IDR 8.000 – 69.000

Jam Buka & Lokasi Bong Kopitown

  • Alamat       : Jalan Sagan Ngidul No. 4, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam buka  : 10.00 – 00.00 WIB

Ulasan Bong Kopitown

Mau nyobain makan di penjara? Boleh lah dicoba saat berjalan-jalan ke kota jogja. Pelayanannya ramah dengan rasa makanan dengan range penilaian 6-8. Makanan disini mulai dari harga IDR 10,000 – 60,000 ++. Banyak spot foto disini untuk sekedar haha hihi dengan teman perjalanan.

Oleh: Adinda Martodiwiryo

Waitersnya friendly. Pesen paket Jones buat berempat udah kenyang banget. Lokasinya gampang dicari, masuk gang pertama belakang galeria mall. Lurus aja, nanti ada di kiri jalan.

Oleh: Anindya Azizah Rahma

Tempat makan dan nongkrong dengan konsep yg berbeda,, bayangin kaya dioenjara tapi nyaman, ada tempat terpisah buat perokok,, tata cahaya bagus bisa buat foto2 sampe puas… Menu lumayam komplit, kopi jos nyobain kopi tarik large… Bersih, parkir cukuplah…

Oleh: Eka Prasetya

5. House of Raminten

House of Raminten

Apa itu House of Raminten?

Adalah tempat wisata kuliner kejawen di Yogyakarta yang menyajikan menu tradisional dengan pemilik yang sama dengan pemilik Mirota.

Tempat ini menyajikan santapan kuliner tradisional dengan nuansa yang berkelas nan elegan serta ditemani bau khas kemenyan.

Suasana malam di House of Raminten

Hal ini bisa dikatakan sebagai suatu penghargaan terhadap makanan tradisional dan akan senantiasa dijaga sebagai ikonnya kota Yogyakarta.

Bukan hanya sajian makanan yang tradisional, bahkan saat Anda masuk ke dalamnya akan mendapat suasana yang tak terbayangkan sebelumnya.

Suasana di siang hari House of Raminten

Dari luar terlihat berkelas dan elegan, lalu saat masuk ke dalam ruangannya dihiasi dengan arsitektur Jawa dengan wangi dupanya yang khas, perpaduan tradisional lainnya yaitu adanya gending yang terus mengalun menemani Anda menyantap kuliner yang disajikan.

Suasana penyambutan di House of Raminten

Makanan tradisional seperti tahu bola, wedang sereh, hingga nasi kucing merupakan beberapa menu yang ditawarkan di tempat ini.

Video Liputan House of Raminten

Video Courtesy of Netmediatama

Menu Lengkap House of Ramintan dan Harganya

Menu House of Raminten 1
Menu House of Raminten 4
Menu House of Raminten 2
Menu House of Raminten 3

Jam Buka & Lokasi House of Raminten

Jam buka: 24 Jam

Alamat: Jl. FM Noto No. 07 Kotabaru Yogyakarta, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Telp: (0274) 547315

Ulasan House of Raminten

πŸ˜‚
πŸ˜‚
πŸ˜‚
πŸ˜‚
πŸ˜‚
πŸ˜₯
❀

Kalo gak salah cabang nya ada 3kan ya? Tapi aku yang deket sama malioboro. Ishh baru masuk aku langsung aja fokus sama icon nya the house of raminten Ya maklum lah ya, cuma denger” aja dan ini kali pertama kesiniMenurutku harganya sih standart dan wajar. Kebetulan kemarin kita pesen ayam katoke eh apaan yak lupa dan masih banyak lagi, buat nasgornya sih lumayan enak tapi engga begitu suka sama sup nya. Ada jyga gudeg, dessert nya. Ah banyak sih. Kemarin juga pesan pempek enak juga. Juga pesen siomay jg, cuma bagiku rasanya aneh. Pisang bakarnya juga keras jadi banyak yang gak kemakan. Saran aja sih ya buat restoran nya, mending waktu pesan pelanggang ditanya dlu. Buat berapa porsi. kemarin kegedean porsinya, padahal pengen makan macam” jadinya banyak yang gak kemakan. Terus juga buat waiters nya ya rapi lah, unyu juga seragam nya

Oleh: Maja Mustika Sora

+naik ojek online mudah krn pasti semua tahu tempat ini+Harga makanan dan minuman murah, presentasi makanan dan minuman bagus+Menu bagus dan banyak variasi+Tempat lumayan luas dan unik meski agak seram, banyak bunga di sudut2, bau dupa. Dekorasi suram dan remang2 spt rmh tua. Klo kesini jgn pakai rok pendek krn bisa dpt tmpt duduk lesehan. +Ayam koteka dan minuman enak, yg lainnya tdk wowBayar setelah memesan makanan+Pakaian pelayan unik dan mas2nya atletis dan ganteng2+Meja sudah bersih +Ada toilet, ada tempat duduk n tv besar meski tdk bersuaraDan musik gamelan-nunggu tempat duduk mesti antri min. 30menit, utk memesan nunggu agak lama krn cm 1 yg melayani, menunggu makanan min. 30menit. Klo laper berat jgn kesini.-porsi kecil -ada yg merokok di dalam gpp

Oleh: Elliana Leo

Pertama kali kesini, Tempatnya strategis dan mudah dapet parkir. Rame banget tempatnya sampai harus masuk waiting list padahal itu jam 10 malem. Pertama kali masuk bakal langsung disuguhi suasana seperti pernikahan adat jawa semua pelayannya pakai pakaian adat jawa dan melayani dengan ramah. Bau menyan dan bunga semakin memperkuat suasana jawa yang ikonik serta musik gamelan yang mendayu membuat atmosfir jawa semakin kental terasa. Makanannya variatif banget yang pasti semua jawa banget ya…. Terus yang bikin melongo harganya murah meriah beda jauh sama di JKT. Setelah datang makanannya juga porsinya besar pokoknya bikin kenyang deh. Kalau ke jogja wajib mampir kesini. Rekomended sekali. TOP Pokoknya.

Oleh: Bagas Undip

6. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Apa itu sate klathak Pak Pong?

Sate Klathak Pak Pong merupakan sajian sate spesial yang memiliki rasa yang khas dan nikmat.

Bumbu sederhana seperti garam, merica dan kecap merupakan tiga bumbu andalan sate ini yang membuat rasanya memiliki kekhasan tersendiri.

Hal unik lainnya dari sate ini yaitu dibakar menggunakan jeruji besi sepeda yang penggunaannya dipercaya dapat membuat daging matang secara merata.

Sajian sate klathak pak Pong

Selain itu, hal unik ini sangat ramah lingkungan karena jeruji besi yang digunakan dapat berkali-kali, beda halnya dengan tusuk sate yang hanya sekali pakai.

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu tempat wisata kuliner yang tak bisa dilewatkan oleh Anda para pecinta sate kambing jika sedang berkunjung ke Jogja.

Video Liputan Sate Klathak Pak Pong

Video courtesy of Indonesia Morning Show NET

Video courtesy of KompasTV

Menu Lengkap Sate Klathak Pak Pong dan Harganya

  • Sate klathak
  • Tengkleng kambing
  • Tongseng kambing
  • Gule kambing

Harga antara : IDR 3.000 – IDR 20.000

Jam Buka & Lokasi Sate Klathak Pak Pong

  • Alamat      : Jalan Imogiri Timur km. 10, Wonokromo, Pleret, Bantul, DIY Yogyakarta
  • Jam buka  : 10.00 – 24.00 WIB

Ulasan Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong, satu dari sekian banyak sate kambing yang berada di seputaran wilayah Jejeran, Bantul, nama Sate Klathak Pak Pong pasti akan berada di urutan paling atas jika anda mencari kata kunci sate klathak di mesin pencari Google.Hal ini bukan tanpa sebab, karena memang tempat kuliner masakan olahan kambing ini memang recommended baik secara rasa, harga, tempat dan suasana.Menu favorit saya pribadi di sini adalah sate klathak, yaitu sate yang di buat dari daging kambing di tusukkan ke semacam besi jari2 sepeda motor, dan dibakar begitu saja tanpa tambahan kecap dan bumbuΒ², kalau jaman sekarang mungkin semacam sate taichan, tapi dengan citarasa tradisional.Anda tidak akan menyesal ber kuliner ditempat ini, asalkan anda sabar menunggu antrian, karena jika pas waktunya jam makan malam, weekend, atau hari libur, tempat ini akan sangat penuh dengan para pemburu kuliner olahan kambing.

Oleh: Dhoni Bayu Mahendra

Saran kalau makan kesini bisa bawa cemilan atau udah ngeganjel perut dulu sebelumnya. Soalnya lama banget makanannya dateng karena rame banget yang berkunjung ke sini. Apalagi kalau musim liburan hadeuh. Penuh. Tapi emang satenya enak! Enak banget! Tongseng nya juga enak. Langsung terbayar gitu dah pokoknya waktu nunggunya kalau udah ngerasain makanannya. Worth the time

Oleh: Andita

Sate Klathak Pak Pong memang luar biasa ramai. setiap hari penuh sesak dengan mobil customer. rasanya yang enak, empuk, dan murah membuat siapapun penasaran pengin nyoba. mungkin beberapa orang pernah ngalami pelayanan kurang memuaskan, itu karena saking ramainya pembeli. lokasi timur Stadion Sultan Agung.

Oleh: Ulum Dewa

7. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Apa itu Gudeg Pawon?

Merupakan kuliner malam dengan masakan khas Jogja yaitu Gudeg yang wajib dicoba kala Anda berkunjung ke Yogyakarta.

Sajian Gudeg Pawon

Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar daging nangka muda yang dapat Anda temukan dengan mudahnya, karena sudah tersebar di pelosok Yogyakarta. Tapi, Anda dapat menikmati rasa gudeg yang berbeda dari gudeg pawon karena langsung melayani pelanggannya dari pawon (dapur). Meskipun tempatnya sederhana, tapi rasa dari gudeg pawon ini tak bisa Anda anggap remeh dan yang pasti setiap harinya selalu antri orang yang membeli. (sumber)

Tempat makan yang sudah berdiri lama sejak tahun 1958 masih menyajikan rasa gudeg yang nikmat dan rasanya tetap terjaga dari tahun ke tahun.

Video Liputan Gudeg Pawon

Video courtesy of Netmediatama

Menu Lengkap Gudeg Pawon dan Harganya

Segala olahan Gudeg tersaji di sini dengan harga 25.000 hingga 30.000 termasuk minumnya.

Jam buka & Lokasi Gudeg Pawon

Jam buka: 22:00 WIB s/d habis

Alamat: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

Telp: (0274) 6926312

Ulasan Gudeg Pawon

masakan khas yogya yg lezat , dimasak di pawon ( dapur tradisional) , menu pokok nasi sayur gudeg( nangka muda rebus dibumbui ) krecek rebus berkuah sedikit santan + irisan tempe kuah dg tambahan tahu telor ayam urat sapi yg dimasak opor , jam buka 9.30 mlm sebaikny dtg jam 8.30 dan duduk d kursi depan rumah u tunggu giliran, masakannya bersih hangat tidak mahal , tamu antri didalam pawon kalo sdh masuk rumah , makan ny di meja depan rumah atau tangga rumah tetangga bisa jg dibungkus bawa pulang , makananny cepat habis , minuman khas nya air tape.

Oleh Hoengwa Yongki

😱
😱
😱
😱
😱
😱
😱
πŸ˜‚
πŸ˜‚
πŸ˜‚

Siapa sih yang gak kenal Gudeg, makan manis khas Jogya.Dan ini ada legenda yang harus di lestarikan.. Berbeda dengan gudeg kebanyakan yang biasanya manis legit, ini gudeg yg g manis cendrung asin gurih.Bagi yang suka gudeg manis, ini pasti suka. Yang bikin unik di jual langsung dr pawonnya… Dengan asap yang mengepul ngepul. Dan antrian yg cukup panjang. Buka jam 10 mlm dan antrian sudah dr jam 9 mlm.. Dan habis hanya dlm waktu 1.5 -2 jam saja.. Jadi jangan laper banget klo kesini… Bisa mual mual pusing karna kelaparan . Dan harga yg relatif terjangkau kok. Dan gampang carinya pake google map. Selamat mencoba

Oleh: Ariecha Getrueda

Gudeg yang tidak begitu manis cenderung gurih. Lokasinya di jalan kecil dan merupakan pemukiman padat. Buka jam sepuluh malam. Sebelum dibuka sudah banyak yg antri duduk di dekat pintu dapur (pawon) menunggu pintu dibuka. Setelah bunyi “klethek” dan pintu dibuka kemudian langsung antri. Pelayanan langsung di dapur tempat memasak, termasuk tempat makannya juga berada di sekitar dapur. Cara memasak masih menggunakan cara tradisional. Suasana yg berbeda dan perlu perjuangan untuk mendapatkannya membuatnya menjadi tempat yang unik. Harga agak lebih mahal. Karena berada di dalam pemukiman dengan jalan kecil (pas untuk papasan dua mobil) maka lahan parkir terbatas hanya berada di sepanjang jalan tersebut

Oleh: Anton Rahadi

8. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Apa itu Angkringan Lik Man?

Angkirngan Lik Man adalah salah satu kuliner rakyat yang sangat murah meriah. Kuliner ini sudah menjadi budaya di Yogyakarta.

Angkringan Jogja bisa ditemukan di berbagai tempat di kawasan Yogyakarta, tapi ada yang membuat Angkringan Lik Man berbeda dengan Angkringan lainnya.

Yang membedakannya yaitu karena Angkringan Lik Man ini adalah yang pertama berdiri di Yogyakarta yaitu sejak tahun 1969.

Kopi Joss

Menu yang disajikannya yaitu sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan yang siap memanjakan lidah. Ada satu menu yang menjadi andalan Angkringan Lik Man yaitu kopi joss karena penyajian kopinya unik yaitu mencampurkan kopi dengan arang yang merah membara.

Jangan khawatir, arang yang dicelupkan pun aman untuk pencernaan Anda. Justru kadar kafein dalam kopi akan menjadi rendah karena dinetralisir oleh arang.

Video Liputan Angkringan Lik Man

Video courtesy of Wisata & Dolanan Indonesia

Menu Lengkap Angrkringan Lik Man dan Harganya

Berbagai makanan juga disediakan, ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan dan jadah (makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih) bakar.

Sego kucing di Angkringan Lik Man tak kalah lezat dengan masakan lainnya sebab nasinya pulen dan oseng tempe dan sambal terinya berbumbu pas.

Menikmati sego kucing yang selalu disajikan dalam keadaan hangat dengan lauk gorengan atau sate telur selain lezat juga tak menguras uang.

Kopi Joss cuma Rp. 4.000, teh manis panas harganya Rp 2.000, susu jahe Rp 5.000, nasi kucing Rp 2.000, beraneka ragam sate harganya antara Rp 2.000 dan Rp 3.000, sedangkan macam-macam gorengan Rp 500 hingga Rp 1.000.

Jam Buka & Lokasi Angringan Lik Man

Angkringan Lik Man buka mulai pukul 14.00- 02.00 WIB ​

Alamat: Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Ulasan Angkringan Lik Man

Angkringan paling terkenal di jogja. Kopi jos yg berupa kopi yang dikasih arang panas menjadi menu andalan. Makanan dan minuman lainnya seperti angkringan pada umumnya. Terletak di pinggir jalan, makan lesehan di trotoar menjadikan pengalaman yang berbeda. Sepanjang jalan ini banyak angkringan kopi jos, tapi kopi jos lek man paling terkenal. Di seberang jalan ada Musholla dan tolilet, jadi tidak perlu kuatir jika akan sholat.

Oleh: Reyhan Aes

Kayanya kalo ke Jogja gak kesini berasa ada yg kurang walaupun rasa makanannnya standar aja tapi suasananya itu lho yg gak ada ditempat lain. Minuman favorit kalo ke sini Kopi Joss dan Es Susu putih. Harga makanan & minumannya murah cocok untuk para backpacker

Oleh: Desi Wati

Ini tempat makan (angkringan) rame banget. Mungkin karena lokasinya tidak jauh dari malioboro. Kalau ditanya soal rasa, maka jawabannya adalah standar, tetapi suasananya top. Makan dengan diiringi alunan musik an lagu dari penyanyi jalanan. Lauk pilih sendiri, tidak lupa nasi kucing yang beraneka ragam.

Oleh: Jessica Gloria Marilim

9. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Apa itu Gudeg Bromo Bu Tekluk?

Gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam merupakan sajian utama dari warung tenda ini.

Yang unik adalah umumnya Gudeg lainnya menggunakan krecek sapi, namun gudeg Bu Tekluk ini menggunakan krecek kerbau.

Krecek kerbau dipakai karena tidak mudah hancur dan tetap kenyal ketika disantap.

Sajian Gudeg Bromo Bu Tekluk Yang Membuat Lapar

Gudeg Bromo merupakan salah satu kuliner yang bisa Anda nikmati di Yogyakarta.

Tempat ini termasuk salah satu gudeg enak yang ada di Yogyakarta yang memiliki ciri khas gudeg basah dengan ditambah variasi tambahan lauk pauk yang akan memanjakan lidah Anda.

Video Liputan Gudeg Bromo Bu Tekluk

Video courtesy of Netmediatama

Menu Lengkap Gudeg Bromo Bu Tekluk dan Harganya

Gudeg campur dijual mulai dari Rp.25.000 dan belum termasuk minuman.

Jam Buka & Lokasi Gudeg Bromo Bu Tekluk

Jam buka: 23:00 s/d 05:00 WIB

Alamat: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Ulasan Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg paling enak yang pernah saya coba. Untuk makan di sini setidaknya perlu meluangkan waktu 2 jam, karena pengalaman saya antrinya bisa memakan waktu 1 jam. Kalo antrinya sudah di belakang harus berdiri krn tidak ada kursi. Untuk makan pertama kali sih worth the wait, tapi untuk selanjutnya saya tidak sanggup menunggunya, jadi saya kesini biasanya cuma nemenin teman dan keluarga yang ingin coba untuk pertama kali aja. Kreceknya makin lama makin kecil. Meskipun ramai, pelayannya selalu ramah

Oleh: Defi Mediana

πŸ˜…

Bagi yang suka Gudeg pedas, tempat ini juara secara Rasa (tapi tidak buat saya yang tidak suka gudeg , meskipun pernah nyobain sesekali ketika ada teman berkunjung ke Jogja) Antriannya sepanjang jalan kenangan. Pelayanan Agak lambat (tapi justru ini yang khas dari Gudeg Tekluk)! Harga cukup terjangkau dibandingkan Gudeg kebanyakan. Buat pecinta gudeg, menu ini wajib Coba!

Oleh: Yaya Zainal

Antriannyaaaa… Gudeg yang enak tapi harus sabar dengan antrean yang puanjaannggg. Buka jam sebelas dan sebelum itu sudah akan ada banyak yang mengantre. Bisa sampai 30 orang. Lewat tengah malam bisa jadi sedikit lebih sepi. Tapi tetep saja antre. Atau kalau mau praktis bisa memilih pake gofood. Tempe keringnya bisa menjadi pendamping kriukk yang enak buat menemani si gudeg. Harga average. Suwir dan minum 25k.

Oleh: Shakka Ariyani

10. Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu

Apa itu Bakmi Shibitsu?

Adalah plesetan dari “Si Bisu” karena ternyata pelayan yang mendistribusikan pesanan ke para pelanggan adalah seorang wanita tuna wicara (bisu). Nama lainnya adalah Bakmi Bisu.

Merupakan salah satu wisata kuliner Jogja yang sudah berdiri sejak tahun 1980 dan hingga saat ini masih diburu oleh para pengunjung, khususnya para pecinta mie.

Sajian Bakmi Bisu

Menu makanan yang terdapat di tempat ini yaitu mie goreng, mie godog, ayam rica-rica, dan berbagai menu lainnya.

Video Liputan Bakmi Shibitsu

Mohon maaf, belum ada video liputan kuliner Bakmi Shibitsu ini.

Mungkin Anda mau membuat videonya sambil makan di sana? πŸ™‚

Jika nanti sudah ada videonya, akan kami tambahkan di sini.

Menu Lengkap Bakmi Shibitsu dan Harganya

Satu porsi Bakmi Shibitsu dihargai sebesar Rp.16.000

Jam Buka & Lokasi Bakmi Shibitsu

Jam buka: 18:00 s/d 01:00 WIB

Alamat: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142

Ulasan Bakmi Shibitsu

πŸ‘
πŸ‘
πŸ‘

Bakminya enak banget luar biasa tak tertandingi dari yang lain… Minumannya juga terbaik sih menurutku soalnya panasnya mantep banget bukan hangat kayak rumah makan atau restoran… Pokoknya terbaiklah ini Bakmi Shibhisu…. Kalian semua harus coba yah baru ngerasain rasanya 
*Rasa bintang 5 harga kaki 5* Joss pokonya.

Oleh: Tropical Thorpe

Tempat makan yang legendaris karena sudah ada sejak jaman dulu. Ada menu spesial berupa ayam rica-rica yang dimasak dari 1 ekor ayam utuh. Setiap malam lumayan rame oleh pengunjung sehingga harus antri. Tempat parkir lumayan tinggal nempel-nempel jalan, karena lokasi persis di pinggir jalan Bantul. Untuk bakmie gorengnya rasanya lumayan. Bakmienya jenis mie gepeng/pipih, dengan tekstur basah. Paduan manis dan gurihnya pas, untuk lidah jawa yang cenderung suka manis pasti suka.

Oleh: Febrianti Puspita

πŸ‘
😘
πŸ‘
😊
πŸ‘
πŸ‘
πŸ‘
πŸ‘
πŸ‘

Buat aku mie shibitsu enak banget dibanding in yg ada di cafe  kalo kalian ke jogja butuh yg anget, enak dan bikin kenyang apalagi MURAH tapi gak murahan rasanya endeus… Disini tempatnya  

Oleh: Dian Fatmawati

Kesimpulan

Jika Anda sedang berwisata ke Jogja, maka 10 daftar kuliner terbaik di Jogja tersebut sangat sayang sekali kalau dilewatkan.

Namun jika sudah mencicipinya, siap-siap untuk ketagihan dan kangen kembali ke Jogja lagi. πŸ™‚

Akhirnya, itulah sepuluh daftar wisata kuliner di atas mewakili ratusan kuliner lainnya yang ada di Yogyakarta. Yuk jangan tunggu apa-apa lagi untuk segera merasakan nikmatnya wisata kuliner Jogja.

Tinggalkan komentar

Lagi ngetrip?
Pesen Makannya Tetep
di Shopee Food Aja

Segera klaim vouchernya sekarang!