13 Wisata Bali Paling favorit dan Fenomenal Untuk Dikunjungi

Mencari tempat wisata Bali yang paling favorit dan fenomenal untuk dikunjungi pada liburan Anda tahun ini?

Di sini kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Bali yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Mereka menyebutnya, inilah surga-surga dunia yang ada di Bali. Berbagai tempat wisata Bali yang instagramable dan indah dipandang mata.

Banyak wisatawan domestik yang mengatakan, berwisata ke Bali itu biayanya bisa lebih besar daripada wisata ke luar negeri, misal ke Singapura atau Thailand.

Namun, seperti kata pepatah: “ada harga, ada rupa“.

Namun tenang, di sini kami rekomendasikan tempat wisata Bali yang murah, dan tentu saja memorable. ūüôā

Ya, Bali memberikan suatu pengalaman wisata yang luar biasa membekas. Membuat yang pernah mengunjunginya ingin kembali lagi ke sana.

Banyak kearifan lokal yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Pulau Bali ini. Salah satunya adalah adat-istiadat dan budaya lokal yang sangat unik dan terjaga hingga saat ini.

Baiklah, mari kita ulas…

Daftar Wisata Bali Yang Paling Sering Dikunjungi

Di sini kami akan memberikan beberapa tujuan wisata di Bali selain pantai yaitu salah satunya adalah wisata alam seperti pegunungan dan pemandangan alam, pura, beberapa wisata kuliner dan juga pasar tradisional untuk membeli oleh-oleh khas Bali.

1. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana di Bali

Bagi yang ingin berwisata, berbelanja, dan menonton berbagai pertunjukan tari, Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan pilihan yang tepat.

GWK merupakan taman rekreasi yang cukup luas. Tempat ini diberi nama GWK karena rencananya akan dibangun patung Dewa Wisnu yang menunggang burung Garuda.

GWK cukup luas dan terdiri dari beberapa bagian, yaitu Wisnu Plaza, Street Theater, Kolam Lotus, Taman Indraloka, Amphitheatre dan Tirta Agung.

Pengunjung bisa menyaksikan batu-batu kapur yang berukuran raksasa di sana.

Dari kejauhan, deretan batu kapur tersebut menyerupai pilar-pilar raksasa. Pengunjung bisa menyusuri pilar-pilar tersebut dengan berjalan kaki atau menyewa segway, yaitu sejenis kendaraan listrik beroda dua yang dikendarai sambil berdiri.

Berekreasi di GWK bagaikan menyelam sambil minum air, kita bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus hanya di satu tempat.

Alamat: Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Bali

Jam Buka: 08:00 – 22:00

2. Jimbaran

Suasana di Jimbaran Bali

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jimbaran adalah menjelang sore hari. Selain bisa menyaksikan sunset cantik yang bernuansa jingga keungu-unguan saat menjelang senja, Jimbaran juga terkenal sebagai salah satu tempat kuliner di Bali.

Ada banyal kafe dan restoran yang berjejer di tepi pantai. Kafe dan restoran tersebut kebanyakan menawarkan menu seafood.

Bila cuaca cukup cerah dan tidak sedang turun hujan, kita bisa menikmati hidangan sambil menyaksikan ombak dan pemandangan laut di tepi pantai.

Alamat: Pantai Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Jam Buka: 14:00 – 23:00

3. Kintamani

Pemandangan Kintamani dari sebuah restoran

Salah satu tempat yang tepat untuk mencari hawa sejuk dan segar serta pemandangan indah di Bali adalah Kintamani.

Daerah pegunungan ini menyajikan pemandangan danau, sawah, dan gunung.

Selain itu, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di beberapa restoran sambil menyaksikan pemandangan indah dari balkon atau teras restoran.

Bagi yang hanya ingin foto-foto dengan latar belakang pemandangan alam, bisa singgah sebentar di tepi jalan raya untuk berfoto.

Bila cuaca cerah dan gunung tidak sedang tertutup kabut, foto-foto dengan latar belakang gunung dan danau di Kintamani akan terlihat mengagumkan.

Alamat: Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

4. Legian

Sebuah jalan di Legian Bali

Legian merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan di Bali. Legian bukanlah nama jalan di Bali tapi merupakan akses atau jalan panjang yang menghubungkan Kuta dan Legian.

Legian seakan tak pernah tidur. Dari menjelang siang hingga larut malam, suasana di sana seringkali ramai dan hiruk-pikuk.

Kemacetan merupakan hal yang biasa di Legian, terutama pada akhir pekan.

Bagi yang ingin menginap di pusat keramaian, Legian merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak hotel besar maupun kecil di kawasan Legian.

Deretan toko, kafe, restoran, dan tempat hiburan di Legian bagaikan sumber kegembiraan bagi orang yang menyukai keramaian.

Alamat: Legian, Kecamatan Badung, Bali

5. Pantai Kuta

Pantai Kuta Bali yang fenomenal

Sebagai salah satu pantai yang digandrungi turis lokal maupun asing, Kuta selalu terkesan ramai dan hingar-bingar.

Kuta tak hanya pantai biasa, di sekitarnya ada banyak hotel berbintang, pusat perbelanjaan, restoran, cafe, dan tempat hiburan.

Kuta menyediakan banyak fasilitas yang dibutuhkan turis. Menjelang sore hari, aktivitas yang menarik di pantai ini adalah menyaksikan matahari tenggelam dan merekamnya dengan kamera.

Tak heran bila Pantai Kuta menjadi destinasi wajib bagi banyak turis. Rasanya, tak cukup hanya sekali berkunjung ke Pantai Kuta untuk menyaksikan keindahannya dan berbaur dengan kemeriahannya.

Alamat: Jalan Raya Kuta, Kabupaten Badung, Bali

6. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang areal view

Sejak film Eat Pray Love yang dibintangi Julia Robert beredar, Pantai Padang-Padang yang terletak di Labuan Sait, Pecatu, semakin terkenal di kalangan turis asing maupun lokal.

Pantai yang letaknya agak tersembunyi, tidak terlihat menonjol dari pinggir jalan.

Bila ingin mengunjungi pantai padang-padang, pengunjung harus melewati sebuah lorong di tebing karang yang menyerupai gua sekitar 5 menit.

Lorong tersebut cukup sempit dan terdapat anak tangga yang berundak-undak. Bila arus pengunjung ramai, langkah kita otomatis menjadi tersendat-sendat.

Setelah melewati gua, pemandangan pantai yang indah dan bening serta gugusan batu karang di tepi pantai akan membuat kita berdecak kagum.

Pemandangannya masih sangat alami.

Walaupun tidak terlalu luas, Pantai padang-padang tidak membosankan karena keindahannya.

Panas terik di siang bolong tak menyurutkan semangat pengunjung yang berwisata ke sana.

Berjemur di pantai atau berenang sambil bermain ombak merupakan kegiatan favorit turis di pantai padang-padang.

Alamat: Suarga Padang-Padang, Labuan Sait, Pecatu, Bali

Jam Buka: 06:00 – 18:00

7. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland di Bali

Pemandangan tebing tinggi, laut biru, buih ombak, dan pasir putih bisa kita saksikan di Pantai Dreamland.

Pantai yang terletak di kawasan Pecatu Bali ini tak hanya indah, tapi juga menyimpan harapan para warga Pecatu dari nama yang disandangnya.

Penduduk Pecatu memberi nama Dreamland dengan harapan kehidupan masyarakat Pecatu menjadi lebih baik, setelah tempat wisata dan kompleks perumahan dibangun di kawasan Pantai Dreamland.

Sayangnya proyek pembangunan tempat wisata dan Perumahan tersebut terbengkalai.

Jadi, sampai saat ini pengunjung hanya bisa bermain di tepi pantai, belanja atau menanti sunset saat matahari mulai tenggelam.

Alamat: Griya Alam Pecatu, Jimbaran, Bali

Jam Buka: 06:00 – 18:00

8. Pantai Virgin

Pantai Virgin di Bali yang masih sepi pengunjung

Tak seperti Pantai Kuta di Bali, Pantai Virgin atau Virgin Beach merupakan pantai yang tidak terlalu ramai.

Suasana sekitar pantai cenderung tenang dan sepi. Hanya ada beberapa pengunjung yang terlihat bermain atau sekadar duduk-duduk di tepi pantai.

Pantai ini tidak terlalu populer di kalangan turis. Turis asing sering menjuluki Pantai Virgin dengan sebutan hidden beach atau pantai tersembunyi, karena sepi pengunjung.

Pantai Virgin memang letaknya agak tersembunyi dan sulit diakses dengan kendaraan umum.

Cara paling mudah menuju ke pantai ini dengan menyewa mobil.

Pantai Virgin sangat indah dan alami. Pasirnya putih bersih dan air lautnya berwarna biru langit.

Bagi yang ingin bersantai dan menenangkan diri di Pantai Virgin bisa membawa tikar sambil duduk di tepi pantai atau menyewa tempat duduk.

Alamat: Jalan Raya Bugbug, Sengkidu, Kabupaten Karangasem, Bali

9. Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud Bali

Bagi kolektor benda-benda etnik dan penggemar lukisan khas Bali, mampirlah ke pasar seni Ubud.

Sebagai salah satu pasar tradisional di Bali, pasar ini menjual produk-produk buatan lokal serta karya seni penduduk setempat.

Bila ingin mencari souvenir khas Bali, Pasar Seni Ubud menawarkan banyak pilihan untuk pembeli. Pernak-pernik lainnya yang dijual di sana adalah pajangan, ukiran, tas, sandal, baju santai, kain Bali, selendang, aromaterapi, dan lain sebagainya.

Harga barang-barang yang dijual di sana bisa ditawar, namun perbedaan harga sebelum dan sesudah ditawar tidak terlalu jauh. Pasar ini terletak di pinggir jalan raya jadi turis asing tak sulit menemukannya.

Alamat: Jalan Raya Ubud 35, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam Buka: 08:00 – 18:00

10. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati Bali

Bagi yang mencari souvenir dalam jumlah banyak, pasar seni Sukawati merupakan pilihan yang tepat. Tak hanya pengunjung, penjual benda-benda seni dan suvenir khas Bali berjejalan di dalam pasar.

Bahkan, terkadang antara kios yang satu dengan kios lainnya nyaris tak ada penyekat.

Menjelang siang hari, biasanya pasar seni Sukawati semakin penuh sesak. Pengunjung tak bisa leluasa berjalan di dalam pasar.

Untuk berbelanja di pasar seni Sukowati pengunjung harus jeli dan teliti. Jangan asal tergiur harga murah.

Perhatikan juga kualitas barang yang dijual. Harga barang biasanya bisa ditawar. Kalau pengunjung bisa menawar dengan baik selisih harga cukup lumayan.

Alamat: Jalan Raya Sukawati, Gianyar, Bali

Jam Buka: 08:00 – 18:00

11. Pura Besakih

Pemandangan indah di Pura Besakih Bali

Terletak di Karangasem, Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali.

Bangunan Pura Besakih terkesan megah dan luas.

Pura Besakih masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995.

Pura ini terdiri dari 1 pura utama yang disebut Pura Penataran Agung Besakih dan 18 pura pendamping.

Pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Bali terpusat di Pura Besakih.

Maka, bila pengunjung datang ke sana terkadang bisa menyaksikan upacara keagamaan.

Saat baru melangkah di pintu masuk, seringkali ada beberapa oknum yang hendak memeras turis dengan pungutan liar.

Biasanya mereka meminta biaya sewa kain yang harganya cukup mahal, menawari naik ojek ke dalam Kompleks pura, atau membujuk pengunjung memakai tour guide.

Lebih baik abaikan saja semua tawaran dan pungutan liar tersebut. Untuk mengantisipasi larangan masuk karena tak memakai kain, lebih baik membawa kain sendiri daripada harus menyewa.

Alamat: Desa Besakih, Lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali

Jam Buka: 09:00 – 17:00

12. Tanah Lot

Pemandangan pinggir pantai Tanah Lot Bali

Selain sebagai pusat wisata religi di Bali, Tanah Lot merupakan salah satu lokasi favorit untuk menyaksikan Sunset indah di Bali.

Tanah Lot terdiri dari dua bangunan pura yaitu di bongkahan batu karang dan tebing yang menjorok ke laut.

Pura yang terletak di bongkahan batu karang disebut Pura Tanah Lot. Sedangkan yang terdapat di tebing adalah Pura Batu bolong.

Bagi penggemar belanja, di Kompleks Tanah Lot terdapat banyak toko dan kios yang menjual souvenir khas Bali, pernak-pernik buatan lokal dan baju-baju santai.

Pilihannya cukup beraneka ragam. Bila mahir bernegosiasi, pembeli bisa mendapatkan harga barang yang relatif murah.

Alamat: Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam Buka: 08:00 – 19:00

13. Tegallalang

Pemandangan sawah bertingkat atau terasering di Tegallalang Bali

Tak hanya pantai, Bali juga memiliki hamparan pemandangan hijau yang memikat.

Tegallalang merupakan hamparan sawah hijau bertingkat yang menyejukkan mata. Kita bisa menghirup udara khas pedesaan yang asri dan hawa segar di sana.

Tegallalang merupakan objek foto yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bali.

Tegalalang terletak di lokasi yang strategis dan berada di pinggir jalan utama.

Kita akan melewati Tegallalang bila dari Ubud menuju ke Kintamani.

Di sana pengunjung tak hanya bisa berfoto-foto saja tetapi juga bisa belanja oleh-oleh kerajinan khas Bali dan lukisan karya penduduk lokal.

Alamat: Tegallalang, Ubud, Gianyar, Bali

Kesimpulan

Itulah daftar objek wisata Bali yang wajib didatangi ketika mengunjungi pulau dewata ini.

Kami akan menambahkan spot-spot wisata di Bali lainnya yang tentu saja menarik dan memiliki aura tradisional dan keindahan panorama alamnya.

Selamat berwisata ke Bali!

Tinggalkan komentar