8 Wisata Air Terjun Terindah di Sulawesi Selatan yang Asyik Untuk Liburan

Wisata alam air terjun, walapun kehadirannya kadang berada di tengah hutan tidak menjadi halangan pecinta wisata alam untuk menikmati keindahannya.

Begitupun dengan wisata air terjun terindah di Sulawesi Selatan ini, banyak wisatawan yang rela sengaja meluangkan waktunya untuk menjumpainya.

Di Sulawesi Selatan Sendiri yang beribukotakan Makasar ini memiliki banyak sekali objek wisata air terjun yang juga sama-sama populer dan asyik untuk berlibur.

Nah, agar Anda tidak kebingungan untuk memilih mana yang tepat. Berikut ada beberapa tempat wisata air terjun di Sulawesi Selatan yang bisa Anda singgahi dalam rangkaian perjalan wisata Anda.

1. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe bisa menjadi pilihan wisata air terjun Anda. Pesonanya yang elok dapat Anda nikmati di kawasan Desa Parangloe, Kecamatan Parangloe. Kurang lebih sekitar 50 KM dari pusat kota Makassar. Butuh waktu sekitar 90 menit untuk mencapai air terjun ini.

Panorama alamnya benar-benar masih asri dan terjaga dengan baik, banyak menarik perhatian pecinta wisata alam air terjun untuk menenggoknya.

air terjun parangloe

Air terjun Parangloe termasuk air terjun bertingkat yang memiliki tiga tingkatan. Air terjun paling indah bisa Anda lihat pada tingkatan terakhir. Karena pada tingkatan ini terdapat dua aliran air yakni air dengan aliran besar nan kuat dan aliran air kecilnya yang mempesona.

Untuk menikmati keindahan air terjun Parangloe sebaiknya jangan terlalu dekat, karena berdasarkan kabar penduduk sekitar air bah masih sering mengalir deras, terutama saat musim penghujung tiba.

2. Air Terjun Bulan

Dari namanya saja sudah terdengar unik dan menarik. Air terjun Bulan memang termasuk air terjun pendek namun keindahannya tidak dapat diragukan.

Air Terjun Bulan terletak di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Jika dari arah kota Makassar, Anda cukup menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

air terjun bulan malino

Air terjun dengan ketinggiannya yang tidak seberapa ini memiliki kolam yang cukup besar dan lebar. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka berendam atau pun berenang.

Untuk menikmati air terjun yang elok ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000,- saja. Cukup terjangkau bukan?

3. Air Terjun Biroro

Air terjun Biroro adalah salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang menyejukkan. Berlokasi di Desa Bonrolurang, Gowa. Perjalanan yang dilewati pun cukup mudah. Anda hanya perlu menempuhnya dengan berjalan kaki.

Jarak yang ditempuh sekitar 200 meter-an. Jarak yang lumayan menguras tenaga, tapi tak perlu khawatir rasa lelah akan terobati karena sepanjang perjalanan sawah-sawah yang menghijau terbentang luas di hadapan Anda membuat perjalanan lebih seru dan berkesan. Selain itu, Anda juga akan menemukan panorama pedesaan yang sejuk nan asri berada di kaki gunung Bawakaraeng.

air terjun biroro

Setelah menempuh jarak 200 meter, air terjun yang cantik setinggi 15 meter akan menyambut Anda. Airnya yang menyejukkan pastinya mengobati rasa lelah yang Anda rasakan.

Di sekitar air terjun terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 8 meter. Karena kolamnya yang terlalu dalam, tidak dianjurkan bagi setiap wisatawan yang berkunjung untuk berenang tanpa menggunakan pelampung.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara yang indah dan Menarik Untuk Di kunjungi

Setelah menempuh jarak 200 meter, air terjun yang cantik setinggi 15 meter akan menyambut Anda. Airnya yang menyejukkan pastinya mengobati rasa lelah yang Anda rasakan.

Di sekitar air terjun terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 8 meter. Karena kolamnya yang terlalu dalam, tidak dianjurkan bagi setiap wisatawan yang berkunjung untuk berenang tanpa menggunakan pelampung.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh

Air terjun paling indah di Sulawesi Selatan selanjutnya yang bisa Anda sempatkan untuk mengunjunginya adalah Air Terjun Ketemu Jodoh. Air terjun dengan nama unik ini, bisa menarik perhatian banyak wisatawan.

Sudah tahu Kenapa air terjun ini dinamai “Ketemu Jodoh”? Konon, legenda yang beredar mengatakan: “barang siapa yang mandi di air terjun Ketemu Jodoh akan dimudahkan jodohnya”. Jika legendanya seperti itu, cocok banget nih untuk para jomblo untuk berkunjung ke wisata air terjun yang unik ini.

air terjun ketemu jodoh

Anda dapat menemukan air terjun Ketemu Jodoh di kawasan Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Gowa. Sesampainya di air terjun, Anda akan menemukan kolam yang dapat digunakan berenang atau pun sekedar berendam.

Air terjun ini memiliki dua tingkatan, tapi untuk menikmati tingkatan paling atas, Anda harus melewati bukit yang terjal. Meskipun begitu, perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan yang elok dan menyejukkan.

Untuk menikmati sensasi air terjun yang menyejukkan dan memastikan legenda yang beredar, Anda hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 2000,-. Harga yang begitu murah untuk membayar pesona dan keunikan air terjun Ketemu Jodoh.

5. Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembana yang berlokasi di Desa Lembanna bisa menjadi pilihan wisata Anda. Di sekitar air terjun ini terdapat lembah datar dan cukup luas untuk mendirikan 5 tenda.

air terjun lembanna

Anda bisa bermalam di sini dengan membangun camping ground. Untuk memasuki area ini Anda tidak mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

6. Air Terjun Takapala

Pesona air terjun di Sulawaesi Selatan lainnya yaitu air terjun Takapala dengan ketinggian 109 meter. Derasnya air yang mengalir menimbulkan suara gemuruh dan recik-recik air yang dapat membentuk kabut tipis sejauh 20 meter.

air terjun takapala

Lokasinya tak jauh dari air terjun Ketemu Jodoh hanya saja terpisah oleh jalan menuju Desa Majanang, Kecamatan Parigi.

Baca juga: 24 Destinasi Wisata Australia Yang Paling Sering Dikunjungi

Untuk menuju lokasi air terjun, akses jalan yang ditempuh tidak terlalu sulit, hanya saja terdapat beberapa jalan berliku dan jalan yang berlubang. Namun, sepanjang perjalanan pemandangan yang cantik dan asri akan Anda nikmati.

7. Air Terjun Maddenge

Air terjun selanjutnya yang memiliki pesona memukau yaitu air terjun Maddenge.

Untuk sebagian orang terdengar asing, tapi untuk pecinta wisata alam air terjun ini sudah sering terjamah di sela-sela waktu luang. Bahkan, saat ini dikabarkan kalau air terjun ini menjadi salah satu incaran para fotografer. Tak heran, karena air terjun ini akan membuat jepretan foto Anda terlihat bagus dan cantik.

air terjun maddenge

Air terjun Maddenge terletak di Desa Maddenge, Kecamatan Camba, Maros. Keberadaannya memang tidak mudah dijangkau. Perjalanan yang sulit harus Anda lewati untuk menikmati pesona air terjun Maddenge.

Air terjun dengan bentuk yang unik yakni berada di antara celah-celah tebing menjadi incaran para pecinta wisata alam. Di air terjun ini Anda akan menemukan bebatuan besar alami yang menakjubkan.

8. Air Terjun Lembang Saukang

Untuk Anda yang ingin menghilangkan rasa penat dan lelahnya rutinitas aktivitas kerja. Air terjun ini recomended banget untuk Anda karena air terjun ini mampu menyegarkan pikiran dan mata. Kesejukkan akan Anda rasakan, karena berbagai tumbuhan dan pepohonan menghiasi air terjun.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati pesona keindahan air terjun Lembang Saukang di atas jembatan gantung setinggi 7 meter dari sungai.

air terjun lembang saukang

Air terjun ini dikenal juga dengan nama air terjun Tujuh Tingkat, karena berdasar historinya air terjun ini memiliki tujuh tingkatan, hanya saja struktur air terjun ini mengalami perubahan saat terjadi banjir disertai longsor pada tahun 2006.

Kini, hanya tersisa tiga tingkatan dan lebih dikenal dengan nama air terjun Lembang Saukang.

Itulah beberapa rekomendasi untuk Anda yang ingin menikmati wisata air terjun terindah di Sulawesi Selatan. Yuk sisihkan waktu liburan Anda untuk mengunjunginya.

Tinggalkan komentar