5 Tempat Wisata di Bogor Yang Murah Meriah

Mencari tempat wisata di Bogor yang murah meriah? beberapa saat lagi Anda akan mengetahuinya. 🙂

Di sini akan kami bahas 5 tempat wisata bogor yang murah dan wajib dikunjungi untuk pertama kalinya jika Anda berwisata ke kota hujan ini.

Sudah tidak sabar lagi ingin tahu mana saja tujuan wisata di Bogor yang terjangkau?

Berikut ini ulasan kami…

1. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindang Barang

Kalo Banten punya Baduy, Jawa Barat punya Sindangbarang.

Keduanya punya kesamaan dalam hal pelestarian budaya menurut adat istiadat daerah sama .

Di Sindangbarang ini, kami dapat melihat bangunan-bangunan rumah khas Sunda, terutama khas daerah Pakuan Pajajaran.

Total ada 27 bangunan rumah tradisional di sini. Kalo sudah bosen melihat rumah tradisional, kamu juga dapat  masuk dan menginap.

Kamu bisa merasakan tidur dengan hawa dingin, walaupun tanpa menggunakan AC. Sesudah itu sambil diceritakan tentang Asal usul tetua adat dan ditambah suara jangkrik yang jadi backsound-nya.

Masyarakat Sindangbarang biasa mengadakan upacara rutin untuk mensyukuri hasil panen, namanya Upacara Seren Taun.

Semua kesenian Sunda tumpah-ruah di acara ini. Dan yang jelas, Anda bisa menikmatin kesenian daerah masyarakatnya.

2. Pura Jagatkarta

Pura Jagatkarta

Apakah ini di Bali? Tidak!

Karena ternyata Bogor juga punya pura dan tidak kalah cantik sama yang di Bali sana.

Namanya, juga Pura Jagatkarta.

Dan tau gak, Pura Jagatkarta ini ternyata juga merupakan pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih!

Yoi banget kan.

Sama halnya dengan Pura Besakih yang ada di kaki Gunung Agung, Pura Jagatkarta ini juga berlokasi nempel sama Gunung Salak.

Siap-siap buat narik napas dalem-dalem karena lo akan ngeliat pemandangan yang spektakuler, yang bisa menghirup udara yang super sejuk dan melewati jalanan nanjak yang lumayan yang membuat anda kedinginan bergetar.

Perjalanan naik ke puncaknya berjarak sekitar 800 meter.

Kalo gak mau ribet, setelah turun angkot, lo naik ojek yang udah setia nunggu orang-orang lemah macem kita.

Kalo gak salah cuma bayar 15.000 kamu udah dapat menyusul temen kamu yang nyang udah duluan naik kepuncak.

Lumayan bisa menghemat tenaga dan mengemat waktu berjam sampe jam 5 sore. Kalau lagi beruntung, Kamu akan melihat pemandangan yang menawan yang diselimuti kabut awan yang tebal.

3. Hutan Pinus Sentul

Hutan Pinus Sentul Bogor

Udah pernah nonton film Modus Anomali kan?

Inget tidak  adegan saat John (Rio Dewanto) lari-lari? Pasti tidak ?? karena adegan dia lari-lari ternyata banyak banget.

Tapi kamu  mengingat hutan pinus tempat si John dan keluarganya wisata ?

Nah, itu dia hutan pinus Sentul yang dijadikan  lokasi syuting sama Modus Anomali.

Lokasinya, juga deket banget  dengan Jakarta, kalau tidak macet hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan saja.

Modus Anomali sebenernya sudah mengambarkan bagaimana kerennya hutan pinus Sentul ini melalui media video.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Bandung Yang Hits, Kekinian dan Murah Meriah

Pohon pinus berbatang tinggi lurus berbaris rapi yang mampu menciptakan ruang-ruang simetris antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Ini bisa membuat suasana hutan pinus Sentul menjadi keliatan photogenic dan menarik banget untuk dijadiin sebagai background fotoan.

Belum lagi, kabut yang kadang-kadang nongol, yang bisa membuat hutan pinus Sentul menjadi background foto yang Instagramable banget.

Selain itu, buat kamu yang punya hobi sepeda gunung, kontur tanah hutan pinus Sentul yang berbukit cocok lah yang buat track dalam bersepeda.

Tidak usah takut kesasar, karena udah banyak juga anak-anak sepeda lainnya yang sering main di sini jadi track-nya udah keliatan jelas.

Trus, kalo udah capek, dapat langsung masuk di pemandian air panas yang ada di tengah hutan pinus. Seru kan!

4. Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung

Buat pecinta fotografi, pasti kalian suka sama tempat ini.

Lokasinya tidak  terlalu jauh dari pusat kota Bogor, sekitar 10 km-an.

Di sini, kamu akan menemukan sebuah danau yang di sekelilingnya masih ditutupin pohon-pohon rimbun.

Sebenernya tidak spesial-spesial amat sih, karena yang keliatan hanya danau biasa.

Cuma genangan air coklat berukuran gede dengan pohon-pohon rimbun tadi yang jadi bingkainya. Pokoknya biasa deh.

Tapi, kalau kamu datang pada saat subuh-subuh menjelang matahari terbit, baru keliatan spesialnya.

Bukan karena matahari yang berbentuk telor mata sapi muncul, tapi karena munculnya biasan cahaya matahari di dalam kabut yang dapat menciptakan suasana ‘misty morning’.

Ditambah, pada saat ada kapal getek yang tiba-tiba melintas, suasananya bakalan makin sadis.

5. Hotel Tenda

Hotel Tenda

Hotel tenda merupakan hotel yang terletak di kawasan resort cisarua.

Tapi memang, resort di Cisarua ini konsepnya mayan menarik dan berbeda.

Jadi, kamu yang  ingin camping dengan suasana yang menarik dan sejuk.

Walaupun luarnya berbentuk tenda (keliatannya emang kayak tendanya orang Mongolia), tapi bukan berarti didalamnya tidak nyaman.

Setiap tenda di resort ini dilengkapin sama 1 tempat tidur king size, sofa, tv, ac dan kamar mandi pribadi lengkap dengan shower.

Pokoknya bisa membuat suasananya semirip mungkin dengan alam sekitarnya.

Tapi biarpun begitu, suasana campingnya tidak akan hilang karena resort ini adanya di tengah-tengah tanah lapang yang masih alami, jadi hal-hal kecil tapi krusial karena suasana jangkrik akan tetap terdengar.

Dan juga, pemandangannya pun bagus, langsung menghadap ke arah Gunung Salak.

Tinggalkan komentar