Tebing Breksi: Spot Melihat Keindahan Jogja Dari Atas Bukit

Tebing Breksi – Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah dengan banyak destinasi wisata terbaik yang bisa dijadikan ide liburan.

Kota Pelajar ini menyimpan keindahan alam yang begitu memukau dan pas untuk bersantai bersama keluarga di kala liburan tiba.

Salah satu destinasi wisata alam yang sedang hits di Yogyakarta adalah Tebing Breksi. Pernahkah Anda mendengarnya?

Seperti namanya, destinasi wisata ini merupakan sebuah tebing atau bukit yang menjulang. Letaknya berada di Kabupaten Sleman.

Tebing kapur tersebut menjulang cukup tinggi. Pada dinding tebing terdapat ukiran-ukiran seni yang sangat menarik dan tangga yang memudahkan untuk mencapai puncak tebing.

Kondisi lingkungan sangat identik dengan wisata Lava Tour Merapi yang juga dekat dengan Yogyakarta.

Tidak hanya menarik dengan beragam ukiran relief pada dinding tebing, tempat ini merupakan spot berburu sunset yang tepat. Ya, dari atas tebing, pengunjung bisa melihat siluet senja di ufuk barat dengan sempurna.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga bisa melihat keindahan Jogja dari atas bukit, terutama gemerlap lampu pada malam hari.

Gambar Tebing Breksi

Berikut ini adalah gambar-gambar keren dari Tebing Breksi:

Tebing Breksi Gambar Tebing Breksi 1 Gambar Tebing Breksi 2 Wisatawan di Tebing Breksi Sunset di Tebing Breksi Gambar Tebing Breksi 3 Tebing Breksi senja hari Gambar Tebing Breksi 4 Tangga di Tebing Breksi Gazebo cinta Tebing Breksi Batu cinta Tebing Breksi Selorejo Cafe Aerial view Tebing Breksi

Sejarah

Sebelum kondang dan menjadi salah satu ikon wisata di Sleman dan Yogyakarta, tebing ini hanyalah merupakan tebing-tebing bebatuan yang tidak terurus.

Tebing tersebut menjadi area tambang batu bagi warga sekitar. Memang, di Sleman sendiri terdapat cukup banyak tebing batu kapur yang dimanfaatkan untuk ditambang.

Namun, meskipun Tebing Breksi terbengkalai, kawasan tersebut seringkali didatangi oleh remaja yang ingin melepas penat di sore hari.

Pemandangan dari atas tebing yang indah menjadi faktor yang menarik mereka untuk datang ke tempat ini. Inilah salah satu alasan kenapa tebing ini kemudian diolah menjadi tempat wisata.

Sekitar tahun 2015, dibentuk pengelola wisata untuk tebing ini. Pengelola ini menata ulang tebing dan merapikan area tebing.

Selain membersihkan tebing, mereka juga membuat ukiran di dinding tebing dan membuat tangga untuk mencapai puncak. Perjuangan mereka berhasil hingga tebing ini terkenal hingga sekarang.

Wahana dan Objek Wisata

Ada cukup banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke tempat ini. Tentu, hal pertama yang bisa dilakukan di Tebing Breksi adalah menikmati keindahan Yogyakarta dari atas tebing.

Ini adalah salah satu daya tarik yang banyak mengundang wisatawan untuk datang ke tempat ini. Anda bisa menaiki tangga yang tersedia untuk naik ke atas tebing hingga puncak.

Selain itu, tebing ini juga menyediakan aneka ukiran seni yang luar biasa di bagian bawah. Ada patung naga yang cukup besar yang dapat dijadikan sebagai spot foto yang sangat menarik.

Bagi Anda yang suka mengabadikan momen liburan, patung tersebut dapat menjadi sebuah latar belakang yang sangat menarik dan tentu saja tidak biasa.

Baca juga: 7 Obyek Wisata Yogyakarta Paling Legendaris Sepanjang Masa

Bahkan, di area lain di sekitar tebing, terdapat pula area pertunjukan. Tempat tersebut didesain mirip seperti teater ala Yunani dengan latar panggung di tengah dan dikelilingi oleh tempat duduk penonton.

Di area tersebut sering diadakan beragam acara yang menarik seperti pentas budaya setempat yang begitu menyenangkan untuk dinikmati.

Nah, ide wisata lain yang bisa dilakukan di Tebing Breksi adalah bersepeda. Kawasan ini merupakan salah satu trek bersepeda yang cukup menantang.

Jalan yang cukup terjal dan bergelombang tentu memacu adrenalin pengunjung. Anda bisa berkeliling dengan sepeda gunung di sekitar tebing untuk merasakan sensasi yang menantang.

Rute dan Lokasi

Lokasi detail dari Tebing Breksi adalah di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Lokasi ini tidak jauh dari objek wisata lainnya, sebut saja Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Selain itu, lokasi ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan tebing ini, Anda bisa menuju ke lokasi dengan menempuh rute dari Kota Yogyakarta.

Untuk menuju ke Tebing Breksi, pertama Anda hanya perlu mengikuti arah menuju ke Candi Prambanan melalui Jalan Solo. Setelah sampai di pertigaan pasar Prambanan, belok kanan.

Setelah itu, Anda akan menempuh jalur menuju ke Piyungan. Jarak lokasi wisata dari pasar tersebut hanya sekitar 3 kilometer saja.

Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, mungkin Anda hanya membutuhkan waktu paling lama 45 menit untuk sampai ke lokasi jika lalu lintas di sekitar Jalan Solo lancar.

Tiket Masuk

Destinasi wisata ini cukup menarik dari segi tiket masuk. Ya, pengelola Tebing Breksi tidak menyediakan biaya tiket masuk khusus untuk para pengunjung.

Pengunjung bisa membayar tiket masuk ke lokasi ini seikhlasnya. Namun, ada tambahan biaya parkir yang harus disiapkan. Besaran biaya parkir adalah 2.000 rupiah untuk motor, 5.000 rupiah untuk mobil dan 10.000 rupiah untuk bus.

Jam Buka

Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai jam 05.00 hingga jam 18.00. Biasanya, Tebing Breksi ramai pada waktu pagi buta dan menjelang petang. Di kedua waktu ini cukup banyak pengunjung yang datang untuk menikmati matahari terbit maupun matahari tenggelam.

Namun, pengunjung bisa saja datang di malam hari untuk menikmati keindahan lampu Yogyakarta. Hanya saja, pada malam hari, tidak ada pengelola yang menjaga baik area parkir maupun lokasi wisata tersebut.

Spot Foto

Secara khusus pihak pengelola memang tidak menyiapkan spot foto untuk para pengunjung. Hanya saja, ada cukup banyak lokasi terbaik di sekitar tebing yang bisa dijadikan sebagai pilihan spot foto.

Salah satu lokasi terbaik untuk berfoto ria adalah di dekat ukiran yang ada di dinding tebing. Dengan latar belakang yang pas, foto di tempat ini tentu akan sangat mengasyikkan.

Selain itu, berfoto di tangga tebing juga bisa menjadi ide yang tepat. Tangga yang cukup menjulang bisa menjadi background yang cukup unik untuk berfoto.

Terlebih, warna tangga yang putih alami karena batuan kapur akan menambah keindahan latar belakang foto yang diambil.

Spot foto lain yang tersedia di Tebing Breksi tentu saja adalah di lokasi panggung teater. Area yang cukup luas ini bisa menjadi spot foto yang sangat indah untuk mengabadikan momen spesial bersama dengan keluarga tercinta.

Penginapan Terdekat

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, Anda tidak perlu bingung terkait penginapan di dekat lokasi wisata ini. Ada beberapa hotel yang tersedia yang bisa dijadikan tempat menginap selama liburan.

Baca juga: Wisata Kuliner Jogja: 10 Tempat Makan Paling Enak, Unik dan Lagi Hits di Yogyakarta

Beberapa hotel terbaik yang berada di dekat lokasi adalah Poeri Devata Resort Hotel, Quin Colombo Hotel, Platinum Adisucipto Hotel dan lainnya.

Beragam hotel tersebut menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Selain itu, lokasi hotel hanya berada di kisaran 4 hingga 7 kilometer dari lokasi tebing sehingga cukup mudah untuk dijangkau.

Berikut hotel dan penginapan dekat Tebing Breksi:

  • Roro Jonggrang Guest House
  • Masya Homestay
  • Jlatren Homestay
  • Quin Colombo Hotel
  • Poeri Devata Resort Hotel
  • RedDoorz Kalasan
  • Joglo Ayem Tentrem
  • Divina Residence
  • Beto Guest House
  • Hotel Wijaya
  • Surya Darma Homestay
  • RedDoorz Adi Sucipto Airport 3
  • Zen Room Adi Sucipto Airport
  • Ndalem Sorogenen Guest House
  • We Stay Unit Maguwoharjo 9
  • Sambisari Guest House
  • Zen Rooms Candi Sambisari
  • Canting Prodo Traditional Hotel

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai wisata Tebing Breksi yang cukup populer di kalangan masyarakat saat ini.

Dengan keindahan alam yang begitu memukau, tebing ini bisa menjadi salah satu ide wisata murah yang menyenangkan untuk liburan bersama keluarga. Selamat berkunjung!

Tinggalkan komentar