Taman Bunga Nusantara: Keindahan Destinasi Wisata Warna-Warni di Jawa Barat

Taman Bunga Nusantara – Kawasan Jawa Barat memang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Indonesia. Provinsi terbesar di Pulau Jawa ini memiliki banyak sekali destinasi wisata terbaik yang bisa dijadikan ide berlibur bersama keluarga.

Salah satu objek wisata yang terkenal di daerah ini dan hits di berbagai kalangan adalah Taman Bunga Nusantara Cianjur. Alternatif hiburan dengan nuansa alam selain Kebun Raya Bogor, Gunung Pancar atau Ranca Upas.

Seperti namanya, kawasan ini merupakan sebuah taman bunga yang memiliki konsep modern. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan terpukau dengan beragam jenis bunga yang begitu indah dengan warna-warni kelopak yang sangat cantik.

Tentu, beragam bunga ini akan sangat menyenangkan terutama bagi Anda yang suka dengan tanaman ini.

Selain taman dengan beragam bunga warna-warni yang memukau, destinasi wisata ini juga menyediakan beragam wahana permainan.

Ada kompleks wahana permainan dengan beragam pilihan yang disediakan. Wahana permainan ini dapat menjadi area bermain menyenangkan, terutama untuk anak-anak yang sedang berlibur.

Sejarah Berdirinya Taman Bunga Nusantara

Dalam catatan sejarah, munculnya destinasi wisata ini memiliki cerita yang cukup menarik. Pendirian Taman Bunga Nusantara ini merupakan ide dan gagasan dari Ibu Dani Bustanil Arifin yang pada waktu itu menjadi ketua dari Yayasan Bunga Nusantara.

Taman Bunga Nusantara Tampak Depan
Taman Bunga Nusantara Tampak Dari Depan. Via: shutterstock.com

Nah, pembangunan taman ini dimulai pada tahun 1992 dan ditunjukkan sebagai area agrowisata.

Kemudian pada tahun 1995, taman bunga ini diresmikan oleh Presiden Soeharto dan menjadi salah satu agrowisata terbaik di Jawa Barat pada waktu itu.

Saat ini, taman bunga ini masih menjadi destinasi favorit untuk berlibur berbagai wisatawan dari beragam daerah, terutama Jakarta selain daerah bogor.

Wahana dan Objek Wisata Yang Ada di Taman Bunga Nusantara

Seperti namanya, objek wisata utama dari Taman Bunga Nusantara adalah hamparan taman yang begitu luas. Taman yang berada di lokasi ini memiliki beragam jenis tanaman yang sangat indah dan memukau.

Taman Air
Taman Air

Selain itu, lokasinya yang berada di kawasan puncak Gunung Gede membuat taman ini memiliki suasana yang begitu sejuk dan tenang.

Nah, di dalam kawasan taman, Anda akan menemukan beberapa spot taman yang sangat menarik. Salah satu spot utama yang ada di taman ini adalah taman air.

Patung tanaman di Taman Bunga Nusantara
Patung tanaman di Taman Bunga Nusantara. Via: Shutterstock.com

Di tempat ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pesona tanaman air yang luar biasa. Ada banyak sekali tanaman air yang berasal dari berbagai negara yang ditanam di tempat ini.

Selain taman air, Anda juga bisa melihat taman mawar. Nah, bagi Anda yang menyukai bunga indah namun berduri ini, taman mawar adalah lokasi yang tepat untuk bersantai.

Taman Bunga Mawar
Taman Bunga Mawar. Via: Shutterstock.com

Di taman ini terdapat aneka macam bunga mawar yang sangat indah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar mengenai siklus tanam bunga mawar hingga perawatannya.

Taman lain yang juga tidak kalah menariknya untuk dinikmati adalah taman Perancis. Ini adalah lokasi yang sangat diminati oleh pengunjung.

Di taman ini, terdapat beragam jenis tanaman yang dibentuk dengan gaya Renaissance ala Perancis. Anda akan melihat tata letak taman yang begitu indah dan mungkin tidak akan ditemukan di daerah lainnya.

Selanjutnya, ide wisata yang ada di dalam taman ini adalah taman labirin. Taman ini dibuat dengan bentuk labirin yang sangat besar. Area ini bisa menjadi area bermain. Anda bisa mengajak rekan atau keluarga Anda untuk menyusuri labirin ini. Nah, di dalam labirin, Anda akan ditantang untuk membaca peta guna menemukan jalan keluar.

Taman Labirin
Taman Labirin. Via: Shutterstock.com

Khusus untuk anak-anak, pengelola Taman Bunga Nusantara menyediakan area bermain. Di dalam area tersebut terdapat cukup banyak wahana permainan anak-anak untuk dinikmati. Beberapa wahana permainan yang disediakan diantaranya adalah ATV, kereta mini, bom-bom boat, go cart dan lainnya.

Wahana permainan di Taman Bunga Nusantara
Wahana permainan di Taman Bunga Nusantara. Via: cepamagz.com

Beberapa obyek wisata lain yang ada di sini adalah:

  • Taman Bali
  • Taman Mediterania
  • Taman Palem
  • Taman Gaya Jepang
  • Rumah Kaca
  • Display Karpet
  • Maskot Taman Bunga Nusantara

Sumber: https://www.tamanbunga-nusantara.com/en/en/taman

Rute dan Alamat Taman Bunga Nusantara

Lokasi detail dari destinasi wisata ini adalah berada di Jalan Mariwari Kilometer 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Letak taman ini tidak begitu jauh baik dari pusat Kabupaten Cianjur atau dari Jakarta sekalipun. Oleh karena letaknya yang strategis, akses menuju ke tempat ini pun cukup mudah untuk dilalui.

Peta area Taman Bunga Nusantara
Peta area Taman Bunga Nusantara. Via: tamanbunga-nusantara.com

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa naik kendaraan umum dengan rute menuju puncak. Setelah itu, turun di daerah pertigaan Hanjawar. Jika sudah, naik angkot jalur Cipanas-Loji dan turun di pasar GSP. Lanjut naik angkot jurusan Cipanas-Mariwati. Perjalanan angkot kedua ini akan sampai di muka Taman Bunga Nusantara sebagaimana yang Anda tuju.

Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan yang ada di dalam Taman Bunga Nusantara, pihak pengelola mematok harga tiket masuk sekitar Rp. 40.000 per orang. Tiket tersebut hanya untuk masuk ke area wisata saja.

Selain tiket masuk, Anda juga dibebankan biaya parkir. Besaran biaya parkir adalah Rp. 10.000 untuk motor, Rp. 15.000 untuk mobil dan Rp. 25.000 untuk bus.

Jika Anda ingin menikmati wahana yang ada di dalam taman, terutama wahana permainan, maka Anda harus membayar tiket lagi.

Besaran biaya tiket berbeda-beda tergantung jenis wahana yang ingin Anda nikmati bersama dengan keluarga.

Jam Buka

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.30. Biasanya, pengunjung akan datang ke taman ini pada pagi hari untuk merasakan kesegaran tanaman dan suasana di area taman tersebut.

Namun, banyak juga pengunjung yang datang di sore hari yang berkeinginan menikmati keindahan matahari tenggelam di sekitar kawasan ini.

Kawasan ini akan tampak lengang saat malam menjelang. Selain karena gerbang taman sudah ditutup, kabut dari gunung biasanya akan turun dan membuat jarak pandang di kawasan ini menjadi cukup terbatas.

Spot Foto

Ada banyak titik yang bisa dijadikan spot foto di area ini. Memang, secara khusus, pihak pengelola tidak menyiapkan bot-bot untuk berfoto.

Spot foto di Taman Bunga
Spot foto di Taman Bunga. Via: syafikriatillah.wordpress.com

Namun, banyaknya area taman, sebagaimana yang sudah dibahas di awal, bisa dimanfaatkan sebagai tempat mengabadikan momen liburan bersama keluarga.

Spot foto keluarga
Spot foto keluarga. Via: explorewisata.com

Salah satu spot foto terbaik yang ada di Taman Bunga Nusantara adalah taman Perancis. Taman yang didesain dengan gaya Renaissance ini memang cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Taman Perancis
Taman Perancis. Via: bp.blogspot.com

Selain taman Perancis, taman labirin juga menjadi salah satu spot foto yang cukup unik untuk dijadikan tempat mengabadikan momen liburan yang tepat.

Taman Labirin untuk spot foto
Taman Labirin untuk spot foto. Via: Thetripcorner.com

Hotel Dekat Taman Bunga Nusantara

Untuk Anda yang datang dari luar kota dan ingin tinggal beberapa hari di kawasan wisata ini, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak tempat penginapan di sini.

Ya, di sekitar Taman Bunga Nusantara terdapat cukup banyak hotel yang bisa Anda jadikan tempat istirahat untuk sementara waktu.

Adapun beberapa hotel yang terdekat dan bisa digunakan untuk menginap adalah:

  • Palace Hotel Cipanas
  • Yasmin Resort and Conference Hotel
  • Sahid Eminence Hotel
  • Hotel Cianjur
  • Berlian Resort Cipanas
  • Villa Cibodas Parigi
  • Hotel Surya Indah
  • Signature Hotel Mandala Kencana

Beragam hotel tersebut menawarkan fasilitas yang begitu lengkap dengan harga sewa sekitar Rp. 400.000 per malam. Anda bisa membandingkan beberapa hotel tersebut sebelum memilih.

Selain itu, juga ada beberapa pilihan villa yang berada di sekitarnya yang bisa menjadi pilihan alternatif untuk menginap.

Tips Wisata di Taman Bunga Nusantara Cianjur

Agar perjalanan wisata di Taman Bunga Nusantara Cianjur semakin lancar dan menyenangkan, tak ada salahnya mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Sedia payung sebelum hujan. Karena cuaca di daerah pegunungan bisa berubah sewaktu-waktu. Daripada basah kuyup kehujanan, lebih baik bersiap-siap dari awal.
  • Pakai baju hangat karena cuacanya cukup dingin. Terutama di pagi atau sore hari menjelang magrib.
  • Bawa bekal dari rumah, karena harga makanan dan minuman di sana bisa sangat mahal.
  • Selalu sediakan kantong plastik untuk berjaga-jaga kalau tidak ketemu tempat sampah.
  • Jaga kebersihan taman dan bunga. Jangan sembarangan memetik bunga dan menginjak rumput di sana. Ingat, bukan hanya kamu yang ingin menikmati keindahannya.

Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai destinasi wisata Taman Bunga Nusantara yang berada di daerah Cianjur.

Taman ini merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik dengan konsep yang modern dan wahana wisata yang lengkap. Nah, ajak keluarga Anda untuk berkunjung ke tempat ini dan menikmati keindahan bunga-bunga yang ada.

Tinggalkan komentar