Mencegah Mabuk Perjalanan: Ini Dia 5 Tips Ampuh Alami Tanpa Obat

Mencegah mabuk perjalanan adalah hal utama yang paling dipikirkan oleh seseorang jika ingin bepergian. Apalagi kalau pembawaannya selalu mabuk jika naik kendaraan terutama naik bus. Parahnya hingga muntah-muntah yang tentunya akan membuat kita dan orang lain di dekat kita menjadi tidak nyaman.

Sebenarnya tidak perlu obat pencegah mabuk perjalanan karena sebenarnya obat itu hanyalah menstimulasi kita untuk tertidur. Sayangkan kalau kita tidur dalam perjalanan wisata sehingga tidak bisa menikmatinya?

Mabuk perjalanan sering dialami siapapun, tidak kenal usia maupun jenis kelamin. Mulai dari bayi, anak-anak, ibu hamil, orang dewasa atau siapapun pasti pernah merasakan mabuk perjalanan baik darat, laut atau udara.

Umumnya mabuk perjalanan terjadi karena kondisi tubuh kita yang tidak prima saat melakukan perjalanan seperti kurang tidur atau bisa jadi karena belum makan waktu memulai perjalanan sehingga perut yang kosong akan mudah kembung.

Kalau suka jalan-jalan, tapi sering mabuk cuma karena gak suka sama bau AC mobil, bau keringat kang supirnya, atau karena duduk di bak mobil bareng sama sapi bunting aja kamu muntah, berarti dijamin kamu belum bisa diajak liburan ke pelosok Indonesia apalagi ke luar negeri. Secara banyak tempat di luar sana yang butuh perjuangan berjam-jam untuk sampai ke destinasi tertentu dengan kondisi perjalanan yang bermacam-macam

Solusinya gimana biar tidak mabuk perjalanan?

Tidak perlu berpikir nama obat mabuk perjalanan atau sampai membuat daftar obat mabuk perjalanan segala karena obat anti mabuk alami akan saya beberkan di sini.

Nah, berikut 5 tips ampuh dan sederhana untuk mencegah mabuk perjalanan secara alami:

1. Hindari Makanan Yang Memicu Mabuk Perjalanan

Mabuk Perjalanan

Banyak banget orang yang cemas sebelum memulai perjalanan, terus makan sebanyak-banyaknya buat mengurangi kecemasan. Tapi justru bisa bikin memperparah keadaan kalau kalian sembarangan makan sebelum bepergian. Pilih makanan yang tidak berminyak atau pedas!

2. Jangan Makan Berlebihan Saat Akan Melakukan Perjalanan

Mencegah Mabuk Perjalanan

Kalau udah pilih-pilih makanan, lebih baik kamu juga mengontrol makanan kamu dengan porsi secukupnya. Kenyamanan kondisi tubuh kamu membuat seluruh organ menjadi lebih rileks. Seperti barang bawaan kamu yang berlebih, juga akan membuatmu tidak nyaman di dalam kendaraan kan?

3. Konsumsi Jahe Sebelum Perjalanan

Mengatasi mabuk perjalanan

Jahe adalah jawaban untuk mengatasi rasa mual, pusing dan muntah-muntah karena mabuk perjalanan. Di balik rasanya yang pedas, jahe atau nama ilmiahnya Zingiber officinale mengandung bahan berkhasiat untuk mengatasi masalah saat mudik tersebut.

Dokter klinik sekaligus ahli herbal dr Abrijanto SB mengatakan, jahe mengandung zat zingiberol, yakni salah satu komponen utama penyebab bau harum pada jahe, yang ampuh mengatasi mual. Terutama jahe merah mengandung kadar zingiberol lebih tinggi.

Jahe dapat memperbaiki motilitas lambung, memberikan rasa nyaman dalam saluran pencernaan sehingga tidak mual. Menurutnya, jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan sendiri, akan tetapi biasanya kandungan zingiberolnya tidak terstandar, sehingga malah menyebabkan mual meskipun sudah dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sedangkan, jahe yang sudah diolah dan diproduksi dalam bentuk obat-obatan maupun minuman, sudah terstandar atau memenuhi syarat untuk atasi mual.

4. Minum Peppermint Sehari Sebelum Perjalanan

Obat anti mabuk

Peppermint dipercaya mampu mencegah mabuk perjalanan dengan efektif emoticon-thumbsup: Masukkan tiga lembar daun peppermint dalam cangkir. Isi gelas dengan air panas kemudian ditutup. Biarkan sekitar 10 menit sebelum meminumnya.

5. Lakukan Latihan Pernapasan Untuk Mencegah Mabuk Perjalanan

Sick motions

Kalau cara-cara di atas belum cukup ampuh buat kamu, coba mulai terapi pernapasan. Biar suatu saat kalau kamu jalan, tubuh kamu sudah terbiasa dengan kondisi dan situasi yang tidak biasa. Caranya, tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh hitungn. Setelah, itu hembuskan napas keluar melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi teknik pernapasan ini setiap hari.

Itulah tips mencegah mabuk perjalanan yang bisa Kamu coba 🙂

Tinggalkan komentar