Lava Tour Merapi: 9 Wisata Alam Menantang di Gunung Merapi

Ingin menjajal paket wisata Lava Tour Merapi di Jogja?

Anda berada di tempat yang tepat. Di sini akan saya berikan rincian apa saja yang bisa Anda nikmati saat mengikuti Lava Tour Merapi. Tetap membaca…

Pertama-tama, sebelum Anda mencoba rasanya wisata di gunung Merapi mbah Maridjan yang terletak di kabupaten Sleman, Yogyakarta ini.

Mbah Maridjan Gunung Merapi

Mbah Maridjan sendiri adalah seorang juru kunci Merapi semenjak tahun 1982 dan beliau tewas ketika gunung Merapi meletus pada tahun 2010 silam yang mana termasuk salah satu letusan terdahsyat.

Lanjut…

Sebelum melakukan Lava Tour Merapi, akan lebih seru jika Anda mengenal tentang gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang ini. Seperti biasa, tak kenal maka tak sayang…

Maka, mari tumbuhkan rasa sayang Anda dulu supaya nanti lebih nikmat saat tur Merapi. 🙂

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Sejarah Lava Tour Merapi

Wisata Lava Tour Merapi tidak muncul begitu saja. Ada pemicu yang menyebabkan munculnya tur lahar Merapi yang menggunakan jip (jeep) khusus ini.

Sejarah Merapi Lava Tour
Berpose setelah tour Merapi

Menurut ketua Asosiasi Wisata Lereng Merapi (AJWLM) wilayah timur yaitu Bambang Sugeng yang akrab disapa dengan Babe menceritakan awal mula kemunculan jip wisata Lava Tour Merapi ini adalah setelah kejadian erupsi Merapi tahun 2010. (sumber)

pada pertengahan tahun 2011 semakin marak dan diminati wisata Jip Merapi ini.

Sebelum muncul, sebenarnya sudah ada wisata motor trail yang menjadi favorit wisatawan. Bahkan ada seorang warga yang memiliki hingga 56 motor trail saat itu.

Seiring perkembangan, wisata motor trail beralih ke mobil jip yang lebih bisa diandalkan di medan berat dan bisa membawa lebih banyak orang untuk menikmati panorama alam di Gunung Merapi.

Beliau juga menegaskan, saat ini Jip Merapi ini adalah fungsi utamanya untuk menikmati keindahan panorama alam, bukan untuk off road.

Berbeda lagi menurut penuturan dari Ketua AJWLM wilayah barat bapak Dardiri. (sumber)

Menurut beliau…

Dulu 2010 (lava tour) sudah terbentuk dalam skala kecil, lalu berhenti saat Merapi erupsi. Barulah selang beberapa tahun kemudian dikemas secara matang dengan spot yang kuat,” kata pria kelahiran 5 Juli 1962 ini.Seiring waktu berjalan, satu per satu komunitas kendaraan wisata mulai terbentuk. Hingga saat ini tercatat ada 800 armada yang tergabung dalam 29 komunitas. Seluruhnya beroperasi dan terbagi dalam dua wilayah. Yakni, Pakem dan Cangkringan.

Menurutnya, mayoritas kendaraan wisata ini adalah jenis four wheel drive (4WD). Jenis kendaraan ini dipilih karena ketangguhannya menghadapi medan berat. Kendaraan ini juga lebih fleksibel untuk melibas sejumlah trek alam di kawasan lereng Merapi.

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Pengalaman Lava Tour Merapi

Berikut beberapa kesan dan pengalaman yang sudah dirasakan oleh para wisatawan yang merasakan serunya berpetualang di Merapi Lava Tour:

Thomas Jan Bernadus Berfoto di atas jip Merapi
Berfoto di atas jip Merapi

Sebuah tour yang saya rasakan ini, adalah tour yang benar-benar berbeda. Kenapa? Karena benar-benar offroad. Dan sensasi yang berbeda dengan berpetualang dengan Toyota Hardtop Landcruiser di Bromo.

Sumber: Thomas Jan Bernadus, Lava Tour Merapi, Berpetualang dengan “Jeep Willys” di Lereng Merapi via Kompasiana.com

Ingga Bia Putri Berfoto bersama keluarga di atas jip Merapi
Berfoto bersama keluarga di atas jip Merapi

Overall, menurut saya lava tour merapi ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta. Selain memang seru, kita pun akan senantiasa diingatkan tentang selalu bersyukur atas segala nikmat kehidupan yang dianugrahkan kepada kita dan jangan lupa untuk selalu menjaga alam yang kita tempati ini dengan lebih baik lagi. Insha Allah…

Sumber: Ingga Bia Putri, Serunya Lava Tour Merapi via inggabia.com

Alhamdulillah, kami semua bisa tertawa bebas dan merasa puas dengan offroad tersebut. Benar-benar memacu adrenalin di Lava Tour Merapi itu. Bila masih diberi kesempatan dan rejeki lagi, rasanya ingin mengulang keseruan di Gunung Merapi. Tapi tentunya dengan datang lebih awal dibandingkan pengalaman pertama kami.

Sumber: Nurul Fitri Fatkhani, Memacu Adrenalin di Lava Tour Merapi via nurulfitri.com

Sharon Loh Berfoto bersama sahabat di atas jip Merapi
Berfoto bersama sahabat di atas jip Merapi

Kalau kalian ikut Merapi Lava Tour, dan diajak kesini, run straight to the back side of the area!

Disana kalian bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang cantik banget. Saat kami kesana, cuaca sedang agak berkabut dan berawan karena hujan di pagi harinya. Tapi, Gunung Merapi tetap terlihat cantik dengan awan-awan yang menutupinya.

Sumber: Sharon Loh, Merapi Lava Tour Yogyakarta via sharontravelogue.com

Winny Marlina

Trip wisata Jeep Offroad Merapi Lava Tour kami memang singkat sekali hanya 4 jam. Namun keseruan dan kebersamaan dengan teman sekantor itu tak ternilai. Apalagi piknik bareng di alam, seolah membawa suasana baru untuk hati. Padahal di kantor teman-temanku kelihatan “geek, smart” eh siapa sangka mereka ternyata mereka petualang juga.

Sumber: Winny Marlina, Pengalaman Merapi Lava Tour di Yogyakarta via winnymarlina.com

Video dari: Martin Johnson via: https://www.youtube.com/channel/UCE5kQIOFH2NeFqWFyEJ91Jw

Video dari: Ratakan via: https://www.youtube.com/channel/UCLtgwHZb5vDEBt43T_3Nj5Q

Video dokumentasi dari Ratakan saat acara family gathering tersebut termasuk lengkap karena ada paket menginap di villa Kaliurang sebelum memulai Merapi Lava Tour.

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Persiapan Lava Tour Merapi

Karena Merapi Lava Tour merupakan tur di alam, maka ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar kita bisa mendapatkan pengalaman sekaligus kenyamanan terbaik sebelum tur, selama tur dan sesudah tur.

Berikut beberapa tips persiapannya:

Tips Umum

  • Pakailah masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu dan pasir yang berterbangan ketika sedang mengikuti perjalanan lava tour Merapi ini.
  • Kenakanlah jaket atau sunblock. Meski udaranya terkesan sejuk, namun paparan sinar matahari secara langsung selama berjam-jam bisa membuat kulit gosong.
  • Jalur yang menantang dan rute yang terjal dalam lava tour Merapi ini membuat aktivitas ini tidak disarankan bagi ibu hamil.
  • Untuk anak-anak juga cocok, namun akan lebih cocok jika anak Anda diajak ke Kids Fun Park Yogyakarta.
  • Saat akhir pekan atau hari libur bisanya banyak wisatawan yang mengikuti Lava Tour Merapi. Supaya kamu tidak perlu antri terlalu lama, ada baiknya kamu reservasi lebih dahulu atau paling nyaman lakukan perjalanan saat weekday.

Tips Khusus

  • Berangkat sepagi mungkin

Berdasarkan pengalaman beberapa kali menikmati view Gunung Merapi, hampir setiap saat puncak Gunung Merapi selalu diselimuti kabut atau awan. Waktu yang tepat adalah antara jam 5 sampai jam 8 pagi. Selain bisa menikmati sunrise juga dapat menikmati puncak Gunung Merapi dengan jernih.Selain dapat menikmati view jernih, juga untuk mengantisipasi atrian naik jeep ketika peak season. Apabila kesiangan, kita harus menunggu 1 hingga 2 jam untuk mendapat giliran.

  • Pilihan Naik Jip Lava Tour

Paket Lava Tour Merapi bisa dipesan di Kaliurang atau di operator-operator yang ada sepanjang Jalan Kaliurang menjelang Taman Wisata Kaliurang. Harga paket di masing-masing operator sama, karena nampaknya sudah diorganisir secara baik.

Tetapi kalau ingin sedikit lebih murah, naiklah di Kaliadem (S7.58941 E110.44264). Harga paket bisa lebih murah antara 50 ribu sampai 100 ribu jika dibandingkan naik di Kaliurang. Hal ini mungkin karena perbedaan jarak yang lumayan jauh antara Kaliurang dengan Kaliadem.

Namun jika Anda tidak ingin repot mencari operator sendiri dan ingin tinggal beres dan melakukan tournya, maka Anda bisa reservasi Jip Merapi Lava Tour melalui kami.

  • Persiapkan Kamera

Kamera merupakan gear paling penting untuk mendokumentasikan perjalanan. Kamera saku/compact camera atau action camera seperti Go Pro lebih cocok dibanding kamera DSLR.

Dengan menggunakan kamera action, kita dapat melakukan selfie atau wefie di sepanjang perjalanan yang ekstrim dan beresiko kamera terjatuh.

Selain itu bawa juga tripod dan tongsis agar bisa melakukan swafoto tanpa merepotkan orang lain.

  • Gunakan Baju Yang Sesuai

Pakailah baju yang nyaman dipakai untuk lapangan atau outbound.

Persiapkan juga topi, kacamata dan masker.

Sepanjang perjalanan akan sangat berdebu dan panas terkena terik matahari.

Dengan kostum dan peralatan yang memadai akan mengurangi resiko sengatan matahari dan iritasi mata.

  • Bawa Bekal Minuman dan Makanan Ringan

Rute Merapi Lava Tour memakan waktu sekitar 1,5 sampai 3 jam tergantung paket yang Anda ambil.

Dengan waktu yang cukup lama, perlu bekal minuman dan makanan kecil agar tidak kelaparan di sepanjang perjalanan. Meskipun memang banyak warung penjual makanan di sepanjang rute.

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Lokasi & Jalan Menuju Lava Tour Merapi

Untuk menuju ke lokasi wisata Lava Tour Merapi ini ada dua.

Pertama di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang dan yang kedua di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo.

Dari Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi salam 30 – 45 menit menyusuri Jalan Kaliurang ke utara. Jika ingin naik angkutan umum kamu bisa memulai dari Terminal Condongcatur, lantas naik angkot jurusan Jogja – Kaliurang dan turun di Terminal Tlogo Putri.

Google Maps

Waze

Untuk petunjuk rute jalan menggunakan Waze, silahkan klik link berikut ini:

https://www.waze.com/id/livemap?zoom=17&lat=-7.61283&lon=110.42656

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Obyek Wisata di Gunung Merapi

1. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang
Taman Wisata Kaliurang

Berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl membuat udara di kawasan Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk bahkan cenderung dingin dengan suhu bekisar 20 sampai 25 derajat celcius.

Obyek wisata ini sangat rekomended untuk destinasi liburan, terlebih untuk kamu yang ingin quality time bersama keluarga tercinta.

Banyak hal menarik yang bisa kamu jumpai  di taman seluas 10.000 m2 ini, beberapa diantaranya seperti; taman bermain untuk anak-anak, kolam renang mini, Taman Wisata Plawangan Turgo, kolam renang Tlogo Putri, air terjun, goa jepang, gardu pandang, dll.

Suasananya masih sangat asri, selama menjelajahi kawasan Taman Kaliurang, kamu akan ditemani suara kicau burung yang saling bersahutan, bahkan jika kamu beruntung, kamu bisa menjumpai beberpa ekor monyet yang berkeliaran di kawasan ini.

2. Makam Massal

Makam Massal merapi
Makam massal di Gunung Merapi

Erupsi merapi tahun 2010 memakan banyak korban, baik korban jiwa maupun harta.

Banyak diantara korban jiwa merupakan satu keluarga maupun kerabat yang tinggal dalam satu wilayah kampung.

Korban bencana alam Gunung Merapi dimakamkan pada 1 lahan yang berada pada kawasan Kaliadem.

Pada pemakaman massal terdapat sekitar 77 makam. Lokasi makam berada disebelah kiri jalan sebelum Kaliadem. Disekitar makam terdapat pohon bambu dan rerumputan hijau.

Selain itu juga ada gardu pandang. Jalan menuju Pemakaman Massal sangat ramai karena sebagian besar banyak truk yang mengangkut pasir.

3. Museum Mini Sisa Hartaku Merapi

Museum ini berdiri di desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta dan mulai ada sejak erupsi Merapi pada tahun 2010.

Bangunan ini dulunya adalah rumah milik keluarga Sriyanto. (sumber)

Pada tanggal 5 November 2010, rumah tersebut diterjang wedhus gembel atau awan panas yang dimuntahkan oleh Merapi.

Tak ada yang tersisa selain dinding dan perabotan yang hangus.

Sehingga, bisa dibilang, dinding-dinding pada museum ini adalah bagian dari koleksi museum itu sendiri: mereka saksi bisu panasnya muntahan Merapi.

“Itu waktu persis kejadiannya,” kata seorang ibu seraya menunjuk jam dinding yang beberapa bagiannya telah meleleh. Jarum pada jam dinding tersebut berhenti di angka 12 dan 1.

Selain jam, gelas, piring, televisi, kaset tape, sepeda motor, hingga ternak ikut hangus dilumat awan panas. Oleh Sriyanto, semua perabot yang hangus dan lumer ini kemudian dikumpulkan menjadi koleksi museum.

Melihat motor yang hanya menyisakan sasis dan ternak yang tinggal tulang-belulang serta gelas dan botol-botol yang meleleh, langsung terbayang betapa dahsyatnya muntahan Merapi.

Di antara dinding yang hangus dan perabotan yang lumer itu saya juga belajar tentang betapa rapuhnya hidup dan betapa getasnya kehidupan. Sebab, semua yang kita kumpulkan bertahun-tahun bisa hilang hanya dengan satu sapuan awan panas!

Dari museum ini, terutama dari kaset-kaset yang hangus dan lumer, saya juga belajar bahwa sesuatu menjadi berarti bukan saja karena fungsinya, tapi juga karena kenangan yang melekat di dalamnya.

Berikut foto-foto dari Museum Sisa Hartaku:

Sisa Hartaku 1
Sisa Hartaku 2
Sisa Hartaku 15
Sisa Hartaku 3
Sisa Hartaku 4
Sisa Hartaku 5
Sisa Hartaku 6
Sisa Hartaku 7
Sisa Hartaku 8
Sisa Hartaku 9
Sisa Hartaku 10
Sisa Hartaku 11
Sisa Hartaku 12
Sisa Hartaku 13
Sisa Hartaku 14
Sisa Hartaku 16

4. Batu Wajah atau Batu Alien

Ada berkah yang muncul menjadi sebuah tempat wisata menarik di gunung Merapi tepat setelah erupsi 5 November 2010 lalu, yaitu munculnya bongkahan batu raksasa yang disebut oleh warga sekitar dengan Batu Wajah atau bekennya Batu Alien.

Batu Alien terletak tak jauh dari bibir jurang kali Gendol tempat lava panas Merapi mengalir saat erupsi dulu.

Batu Alien ini memiliki bentuk wajah manusia dan memang harus difoto dengan jarak dan posisi tertentu agar jelas penampakannya.

Batu Wajah
Batu Alien

Jika dilihat dari kejauhannya, tak beda seperti batu besar biasa, namun ketika diamati dalam jarak dekat, maka batu tersebut seakan memiliki mata, telinga, hidung dan mulut.

TIPS: Ambil foto dari posisi sebelah kanan batu agar penampakannya jelas.

Awal penamaan batu tersebut dimulai dari adanya warga yang melihat penampakan wajah di batu tersebut.

Sebenarnya nama Alien adalah plesetan saja. Warga lokal menyebut itu adalah batu “alihan” dalam bahasa Jawa yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah batu pindahan dari puncak Merapi yang terseret sejauh 7 kilometer hingga sampai kampung Jambu.

Asal-usul batu ini sebenarnya adalah batu vulkanik yang terlempar dari perut Merapi. (sumber)

Batu Alien Merapi
Penampakan wajah alien

Yang menarik adalah, bukan penampakan wajah manusia saja yang ada di batu tersebut, namun jika dilihat dari arah sebaliknya, batu besar tersebut menampakkan kepala singa lengkap dengan hidung, mulut dan rambut khas hewan raja hutan tersebut.

5. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem
Pintu masuk Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan salah satu dari beberapa bunker peninggalan Belanda yang dibangun di lereng Gunung Merapi.

Bunker ini digunakan sebagai tempat perlindungan darurat dari awan panas atau lebih dikenal dengan wedus gembel.

Bunker di Kaliadem, Kabupaten Sleman kini menjadi salah satu objek wisata yang dikunjungi kala lava tour Merapi. Konon, kerap terdengar suara tangisan misterius dari dalam bunker.

Lokasinya berada di dusun Kaliadem, Desa Kepuharjo, Cangkringan.

Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, Bunker Kaliadem tertimbun oleh material merapi setebal 4 meter pada saat erupsi Gunung Merapi tahun 2010 kemudian baru pada tahun 2013 berhasil digali menggunakan alat berat.

Bangunannya masih terlihat kokoh hingga saat ini, bunker ini tersusun dari dinding, atap, dan pintu beton berlapis baja.

Ukuran ruangan dalam sekitar 7×10 m2 dengan ketinggian 15 m dan mampu menampung sekitar 100 orang.

Ruangan Dalam Bunker Kaliadem
Ruangan dalam Bunker Kaliadem

Di dalam bunker ini ada 2 lampu dan 2 buah kamar mandi. Di tengah-tengah bunker ada sisa lava panas yang telah membatu.

Kamar Mandi Bunker Kaliadem
Kamar mandi di dalam Bunker Kaliadem

6. Petilasan Mbah Maridjan

Bekas Rumah Mbah Maridjan

petilasan rumah Mbah Maridjan menjadi salah satu obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Petilasan ini terletak di kawasan Kinahrejo yang berada sekitar 4 kilometer dari puncak Merapi.

Saat ini kawasan tersebut menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan dilarang untuk ditinggali.

Didekat sana juga terletak makam Mbah Maridjan dengan berjalan menyusuri kali Gendol.

7. Stonehenge Merapi Jogja

Stonehenge Merapi Jogja
Stonehenge

Wisata baru ini baru ngehit di Jogja tepatnya di lereng gunung Merapi, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dimana kamu bakal menemui replika Stonehenge, peninggalan jaman prasejarah berupa susunan batu-batu besar yang aslinya terletak di Inggris.

Bentuk dan susunan batu di Stonehenge Cangkringan mirip dengan aslinya, lengkap dengan alas rumput hijaunya.

Masuk dan duduk di bagian dalam lingkaran tersebut akan jadi pengalaman yang berbeda.

Kita tidak akan sulit menemukan angle yang bagus untuk berfoto yang instagramable karena bangunan ini memang unik.

8. The Lost World Castle

The Lost World Castle 2
Gerbang The Lost World Castle

The Lost World Castle. Artinya, kastil di kawasan yang bisa ‘hilang’ disapu bersih oleh amukan Gunung Merapi.

Selain bangunan megah mirip Benteng Takeshi, di TLWC juga terdapat beberapa spot foto menarik.

Memanfaatkan pemandangan Gunung Merapi yang berdiri megah, pengelola membangun replika sayap berukuran besar, tangga menjulang ke atas dengan gapura di ujungnya yang disebut paradise gate, serta awan buatan sebagai pijakan.

The Lost World Castle 1
Foto di atas awan

Latar sayap dan paradise gate menjadi latar foto yang paling panjang antriannya. Jika pengunjung beruntung tiba di sana saat kabut turun, hasil foto makin maksimal. Seakan-akan seperti sedang terbang menembus awan, atau berjalan menuju ‘surga’.

The Lost World Castle 3

Saat ini ditulis, obyek wisata ini masih dalam tahap pengembangan meski sempat terkendala izin operasional dari pemerintah setempat.

The Lost World Castle 4

Yang menarik adalah saat akan memasuki lokasi The Lost World Castle ini, ada gerbang keren yang juga menarik dijadikan latar berfoto.

The Lost World Castle 7

9. Manuver Air di Tempuran Kalikuning

Pada bagian akhir Lava Tour Merapi dengan jip Merapi, Anda akan dibawa untuk bermain air dan berbasah-basahan.

Ya, apalagi kalau bukan manuver air dengan Jeep di Tempuran, Kalikuning.

Dijamin basah kuyup di sini. 🙂

Di sini kita akan diajak menerjang genangan air di Kalikuning menggunakan Jip Merapi dan menikmati semburan air yang mengguyur seluruh jip.

Mari lihat penampakannya…

Manuver Air di Tempuran Kalikuning 1
Manuver Air di Tempuran Kalikuning 2
Manuver Air di Tempuran Kalikuning 3

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Hubungi Kami via WA untuk info paket tour, biaya, dan booking jeep

Paket Lava Tour Merapi: Rute & Harga

Bagi Anda yang sudah ngebet dan siap untuk berpetualang di Merapi Lava Tour, maka kini saatnya take action. 🙂

Nah, supaya Anda tidak direpotkan dengan urusan mencari akomodasi yang akan menemani dan memandu Anda berwisata di gunung Merapi, maka di sini kami berikan kemudahan bagi Anda.

Kami menawarkan beberapa paket terbaik Lava Tour Merapi dimana Anda tinggal berpetualang dan kami yang akan mengurus segala sesuatunya.

Berikut ini pilihan paketnya:

Rute Pendek

  • KALIURANG – MAKAM MASSAL – MINI MUSEUM – BATU WAJAH/BATU ALIEN – BUNKER KALIADEM – MANUFER AIR (TEMPURAN/KALIKUNING)
  • Harga: IDR 350.000*

Rute Sedang

  • KALIURANG – MAKAM MASSAL – MINI MUSEUM – BATU WAJAH/BATU ALIEN – BUNKER KALIADEM – PETILASAN/BEKAS RUMAH MBAH MARIDJAN – MANUFER AIR (TEMPURAN/KALIKUNING)
  • Harga: IDR 450.000*

Rute Panjang

  • KALIURANG – MAKAM MASSAL – MINI MUSEUM – BATU WAJAH/BATU ALIEN – BUNKER KALIADEM – PETILASAN/BEKAS RUMAH MBAH MARIDJAN – MAKAM MBAH MARIDJAN (MENYUSURI SUNGAI GENDOL) – MANUFER AIR (TEMPURAN/KALIKUNING)
  • Harga: IDR 600.000*

Rute Sunrise

  • KALIURANG – BUNKER KALIADEM – BATU WAJAH/BATU ALIEN – MINI MUSEUM – MAKAM MASSAL – MANUFER AIR (TEMPURAN/KALIKUNING)
  • Harga: IDR 400.000*

CATATAN:

Harga seluruh paket sudah termasuk biaya masuk wisata Lava Tour, jip serta driver, pemandu wisata dan asuransi.

Perlu diketahui untuk harga seluruh paket di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung situasi dan kondisi baik dari wisatawan atau keadaan di gunung Merapi.

Pemesanan Paket Lava Tour Merapi

Untuk pemesanan paket Lava Tour Merapi, silahkan hubungi kami melalui WA berikut ini:

Kesimpulan

Jika Anda ingin merasakan sensasi berwisata di obyek bekas bencana terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia, maka Gunung Merapi adalah salah satu pilihan terbaik yang perlu Anda coba.

Lava Tour Merapi juga sangat cocok untuk anak-anak hingga dewasa. Ayo ajak keluarga dan sahabat-sahabat untuk berpetualang sekarang juga!

Tinggalkan komentar