10 Kuliner Tradisional Surakarta Yang Kini Dirindukan

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota budaya di Jawa Tengah yang memiliki beragam kuliner menarik dan patut anda coba.

Kuliner di Solo memiliki cita rasa yang manis.

Bagi anda penyuka kuliner yang manis pasti cocok sekali di lidah anda.

Berikut terdapat 10 list kuliner tradisional khas Solo yang patut anda cicipi ketika berkunjung ke Kota Batik ini:

1. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Minuman tradisional khas Solo ini begitu unik. Dalam bahasa jawa wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah.

Dilihat dari namanya saja mungkin orang awam merasa jijik dengan minuman ini, namun Wedang Uwuh merupakan minuman hangat dan cocok diminum saat musim hujan.

Baca juga: 5 Tempat Makan Nuansa Alam di Jogja Yang Lagi Hits

Apalagi minuman ini memiliki cita rasa yang kuat yaitu manis dan pedas.

Perpaduan antara jahe dan gula merah ditambah kayu manis dan beragam rempah membuat minuman ini nikmat bila tersaji hangat, selain itu Wedang Uwuh juga berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin dan melancarkan peredaran darah.

Minuman ini sangat cocok untuk anda yang memiliki aktivitas yang padat. Anda dapat menemukan minuman tradisional ini di daerah Banyuanyar, Solo.

2. Petulo Mayang

Petulo Mayang

Saat ini Petulo Mayang atau yang dikenal sebagai putu mayang sangat sulit dijumpai.

Minuman tradisional khas Solo yang terbuat tepung beras yang berwana merah,hijau dan putih lalu diberi kuah santan yang berpadu gula namun  bisa juga ditambahkan serabi dan putu ayu sebagai pelengkap.

Minuman hangat yang berasa manis bisa ditemukan di Selatan Gerbang Mangkunegaran mulai pukul 10.00- 15.00 WIB.

Harganya murah mulai dari Rp. 2.000,00 anda sudah bisa menikmati Petulo mayang.

3. Bakmie Acar

Bakmie Acar

Mie Acar, salah satu kuliner khas Solo yang dilengkapi dengan kuah yang mirip cuka pempek Palembang. Mie Acar ini memiliki rasa segar dan pas dipadukan dengan sambal yang sedikit pedas.

Kuah sedap ini terbuat dari kecap manis, gula jawa dan cuka makan. Bahan bahan penyusunnya sendiri tergolong sederhana, mie kuning, irisan kol, potongan tempe yang berbentuk dadu dan kacang tanah yang digoreng bersama kulit arinya serta acar sebagai pelengkapnya.

Salah satu penjual Mie Acar yang masih eksis di Warung Selat Solo Mba Lies di daerah Serengan. Salah satu makanan yang layak di coba apabila anda berkunjung ke Solo dengan harga di bawah Rp 20.000 per porsinya.

4. Wedang Asle

Wedang Asle

Selain makanan khas, Solo juga memiliki minuman tradisional yaitu wedang asle.

Minuman khas ini memiliki beragam isian seperti : roti tawar, ketan, agar – agar, gula pasir, yang disajikan menggunakan mangkuk dan sendok bebek.

Disajikan dengan air santan hangat ditambahkan kedalam mangkuk. Wedang asle cocok dinikmati ketika cuaca dingin karena dapat menghangatkan tubuh.

Harga minuman ini cukup terjangkau dan bisa dijumpai di Manahan setiap malam atau di shelter WEDANG ASLE PAK WIDODO daerah Mangkuyudan,Surakarta. Selamat mencoba.

5. Putu Bumbung

Putu Bumbung

Jajanan tradisional khas Solo yang sulit ditemui adalah Putu Bumbung.

Makanan yang berbahan dasar ketan dan gula merah, perasan air pandan sebagai pewarna alami.

Semua bahan tersebut dikukus hingga matang dalam bambu yang lebarnya kira-kira sampai 3cm dan panjang 7cm maka dari itu makanan ini disebut Putu Bumbung.

Baca juga: Wisata Kuliner Jogja: 10 Tempat Makan Paling Enak, Unik dan Lagi Hits di Yogyakarta

Setelah matang putu diberi taburan dari kelapa yang diparut.

Rasa manis,gurih menambah selera makan anda. Makanan ini dapat anda jumpai didaerah Warung Pelem,Solo atau disekitar kampung-kampung di Solo.

6. Nasi Langgi

Nasi Langgi

Salah satu menu khas solo adalah Nasi Langgi. Dengan bentuk menyerupai tumpeng mini yang terbuat dari nasi putih/kuning, tentunya dapat menggugah selera makan anda.

Yang membuatnya  spesial adalah Nasi Langgi disajikan dengan telur dadar, serundeng, abon sapi, sambal goreng kentang, keripik kentang, daging sapi suwir, ayam goreng kampung, sambal serta kerupuk udang.

Anda dapat menjumpai nasi langgi di Tumpeng Solo yang beralamat di Jalan Wora-Wari {Sebelah lapangan Kota Barat} Surakarta.

7. Lontong Solo

Lontong Solo

Sekilas mirip dengan Lontong Cap Go Meh, tetapi Lontong Solo memiliki rasa yang lebih manis dan gurih.

Rasa yang manis dari tambahan gula pasir dipadu gurihnya santan yang memanjakan lidah anda sebagai pelengkap suwiran ayam opor, rendang, sambal goreng kentang, telur pindang, dan kerupuk udang.

Kuah dari lontong Solo ini tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu manis sehingga terasa pas di lidah. Bagi pecinta rasa pedas bisa ditambahkan sambal sesuai dengan selera masing-masing.

8. Lenjongan

Lenjongan

Jajanan pasar yang sering disebut “lenjongan” ini, terdiri diri tiwul (singkong yang diolah dengan gula jawa), cenil (tepung singkong dan diberi warna-warni), grontol (jagung yang diberi taburan kelapa parut), sawut singkong (singkong yang diparut kasar kemudian direbus dan diberi gula jawa) serta ketan item.

Anda dapat merasakan rasa manisnya jajanan ini yang cocok dijadikan teman minum teh. Anda dapat menemukan jajanan ini di Pasar Gede Solo.

9. Kue Leker

Kue Leker

Kue ini merupakan salah satu cemilan yang cukup digemari di kota Solo. Kue Leker adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, telur ayam, gula pasir, gula Jawa dan vanili.

Biasanya diatas permukaan Leker ditaburi gula, coklat, pisang  atau susu sesuai selera.

Hal lain yang membuatnya unik adalah proses pembuatannya sederhana, hanya menggunakan tungku.

Olahan ini enak dimakan selagi masih hangat dan Kue leker sangat pas saat dikonsumsi karena ukuranya yang mini . Anda dapat membeli jajanan ini di Jl. Padmonegoro Gajahan, Solo.

10. Ledre Khas Solo

Ledre Khas Solo

Ledre Solo merupakan kue tradisional khas Solo yang berbahan dasar ketan, kelapa dan pisang. Kue ini dimasak dengan cara dipipihkan lalu dibakar diatas loyang.

Banyak variasi untuk isianya seperti : pisang,coklat bubuk,nangka dan parutan keju. Ciri khas dari olahan ini yaitu bau gosong yang dihasilkan dari proses pengolahanya.

Rasa gurih dan manis dari ketan dan pisang menambah cita rasa kue ini. Harganya terjangkau dan bisa didapatkan di Jalan Samanhudi, Laweyan, Surakarta.

Tinggalkan komentar