Gunung Pancar: Wisata Sejuk di Bogor Untuk Keluarga

Wisata Gunung Pancar – Bogor memang menjadi salah satu kawasan destinasi wisata terbaik di Indonesia. Selain hawanya yang sejuk dan mendapatkan sebutan Kota Hujan, daerah ini memang menyimpan cukup banyak tempat wisata terbaik untuk dikunjungi saat musim liburan tiba.

Ada banyak destinasi wisata menarik di Bogor, satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gunung Pancar Sentul.

Gunung Pancar merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat memukau dan kini sedang diminati banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara seperti halnya wisata Ranca Upas yang kami ulas sebelumnya.

Hutan pinus Gunung Pancar

Ya, hawa sejuk dan pepohonan yang tinggi akan menyapa Anda saat berkunjung ke tempat ini. Suasana menenangkan ini tentu bisa menjadi penyejuk bagi Anda yang merasakan hiruk pikuk kota.

Sejarah

Dari penelusuran di masyarakat, objek wisata ini ternyata tidak lepas dari cerita misteri yang menaunginya. Menurut catatan sejarah dari masyarakat, ada cerita legenda turun temurun terkait tempat wisata ini.

Ya, gunung ini dianggap sebagai salah satu fondasi bumi yang utama, bagi sebagian masyarakat lokal yang mendiami daerah tersebut.

Sebagai fondasi, gunung memang memiliki fungsi yang sangat penting, yakni menjaga kestabilan tanah yang ada di daerah tersebut.

Oleh karena itu, ketika terjadi gempa bumi di kawasan Bogor dan sekitarnya, masyarakat sekitar berpendapat bahwa kejadian tersebut merupakan tanda jika terjadi kerusakan pada Gunung Pancar yang disebabkan oleh penebangan liar.

Tidak hanya itu, masyarakat setempat juga meyakini bahwa gunung ini memiliki aura yang berbeda. Kata Pancar pada nama gunung ini memiliki arti memancarkan.

Banyak warga berpendapat bahwa gunung ini memancarkan aura kesejukan yang akan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat tersebut.

Wahana Dan Obyek Wisata

Gunung Pancar termasuk kelas destinasi wisata alam yang sangat memukau. Destinasi wisata terbaik di daerah Bogor ini menyediakan keindahan alam yang sangat indah dan masih asri hingga kini.

Pepohonan menjulang akan ditemukan di berbagai sudut yang ada di atas gunung. Pohon pinus menjadi jenis pohon yang paling banyak yang ditanam di tempat ini.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat ini, maka Anda bisa menikmati pemandangan indah ini dari berbagai spot yang disediakan.

Ada semacam gardu pandang yang akan memudahkan pengunjung menikmati panorama alam yang ada di puncak gunung. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan merasakan sensasi mendaki gunung yang menyehatkan.

Gardu pandang Gunung Pancar

Selain itu, pihak pengelola juga menyiapkan beberapa sepeda gunung untuk disewa. Medan gunung yang tidak terlalu mulus bisa menjadi trek downhill yang sangat menarik dan menantang.

Anda tentu bisa merasakan adrenalin mengitari gunung dengan menggunakan sepeda sebagai ide liburan yang tidak biasa bersama keluarga.

Tidak hanya sepeda, ada pula kuda-kuda yang juga disiapkan pengelola bagi para pengunjung.

Hampir sama dengan ide wisata Malang, Anda bisa menyewa kuda tersebut untuk merasakan sensasi berkeliling di kawasan gunung dengan menggunakan kuda yang akan dipandu oleh para petugas.

Namun, diantara beberapa ide wisata yang bisa dilakukan di objek wisata Gunung Pancar, salah satu yang paling menarik adalah pemandian air panas.

Pemandian air panas di Gunung Pancar

Ya, di puncak gunung ini ada spot pemandian air panas yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Di tempat ini, anda bisa merasakan sensasi berendam di sumber air panas alami yang sangat menyegarkan.

Prewedding di Gunung Pancar

Dari website resminya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di kawasan wisata Gunung Pancar ini, antara lain:

  • Foto prewedding
  • Glamping
  • Glamcamp
  • Camping (individu, rombongan, atau perusahaan)
  • Team building
  • Trekking

Untuk biaya aktivitas di atas, Anda bisa langsung cek di website resminya.

Camping di Gunung Pancar

Rute Dan Lokasi

Lokasi lengkap dari tempat wisata Gunung Pancar adalah di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Malang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini memang cukup jauh jika ditarik lurus dari pusat kota Bogor.

Namun, untuk menuju ke tempat ini, ada beberapa rute yang bisa Anda lalui dengan cukup mudah.

Salah satu rute utama menuju ke destinasi wisata ini adalah dari Jakarta. Jarak lokasi dari Jakarta adalah sekitar 45 kilometer.

Dalam rute ini, anda bisa menuju daerah Cawang yang ada di Jakarta, kemudian menuju ke tol Jagorawi untuk menuju ke arah Bogor. Dari tol perjalanan akan sampai ke tol Sentul City dan menuju ke Jalan Sentul Raya.

Perjalanan di jalan Sentul Raya akan menempuh jarak sekitar 8 kilometer hingga menemukan bundaran.

Setelah itu, belok kiri dan Anda akan menempuh jarak sekitar 600 meter menuju daerah Babakan Malang.

Nah, dari daerah ini, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju ke arah Jalan Sumur Batu. Dari rute ini, Anda akan sampai ke lokasi wisata.

Jika Anda berangkat dari Depok, maka Anda bisa langsung menuju ke Jalan Raya Bogor dan menuju ke arah Cibinong.

Dari sini, Anda hanya perlu mengikuti jalur utama hingga sampai ke Jalan Alternatif Sentul. Nah, belok kiri dari jalan ini dan tempuh jarak sekitar 4 kilometer hingga melewati terowongan.

Belok kanan ketika sampai di muka tol untuk menuju ke Jalan Sentul Rata.

Dari sini, Anda hanya perlu menuju ke daerah Babakan Malang dan mengikuti jalur utama. Setelah perjalanan sejauh 1 kilometer, Anda akan menemukan papan petunjuk untuk menuju ke lokasi tempat wisata.

Tiket Masuk

Pengunjung yang akan menikmati destinasi wisata Gunung Pancar akan dibebankan tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk akhir pekan dan hari libur.

Wisata hutan Gunung Pancar

Sementara untuk menikmati pemandian air panas, tiket yang dibebankan adalah sekitar Rp 25.000. Tiket belum termasuk sewa sepeda dan wahana kuda.

Jam Buka

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Beberapa masyarakat mengatakan bahwa tempat wisata ini buka selama 24 jam. Namun, Anda sebaiknya datang ke Gunung Pancar saat pagi hari.

Spot Foto

Secara khusus, tidak ada spot foto yang dibangun di kawasan Gunung Pancar. Namun, pengunjung akan menemukan banyak sekali spot foto alami yang ada di sekitar puncak.

Kawasan gardu pandang merupakan salah satu spot foto favorite yang banyak digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen dengan latar belakang jurang.

Tidak hanya itu, kawasan pemandian air panas juga terkadang menjadi spot favorite. Pengunjung banyak mengabadikan momen bermain air panas alami yang mungkin susah untuk mereka temukan di daerah lainnya.

Penginapan Terdekat

Pesona destinasi wisata ini memang begitu memukau dan menarik wisatawan dari berbagai daerah. Bagi Anda dari luar daerah yang ingin menghabiskan beberapa hari untuk liburan, ada cukup banyak hotel terdekat untuk penginapan.

Beberapa hotel recommended yang tersedia diantaranya adalah Hotel Neo Green Savana Sentul, Rukun Senior Living Residence dan Harris Hotel.

Akses menuju ke hotel tersebut sangat mudah karena banyak papan petunjuk yang tersedia. Tidak hanya itu, jarak hotel ke tempat wisata juga tergolong dekat karena hanya sekitar 4 hingga 6 kilometer saja.

Selain itu, ada beberapa penginapan dekat Gunung Pancar lainnya seperti:

  • Giritirta Resort & Spa
  • Aston Sentul Lake Resort & Conference Center
  • Ole Suites Hotel
  • Vintage House
  • Griya Tampak Siring, Sentul City
  • Edensor Hills Villa Resort & Cafe
  • The Alana Hotel
  • Sakala Home
  • The Pelangi Hotel & Resort
  • GDW Hotel & Cottage
  • Green Wattana Hotel
  • Wisma Padepokan Voli
  • Gunung Geulis Cottages by Royal Tulip
  • Pondok Deyafira
  • Hotel Taman Aer
  • New Ayuda Puncak Hotel
  • Villa Riri by The London Living

Untuk booking hotel-hotel atau villa-villa di atas, Anda bisa lakukan di aplikasi travel kesayangan Anda seperti: Traveloka, Agoda, Tiket.com, dan lain sebagainya.

Nah, demikian beberapa ulasan singkat mengenai Gunung Pancar sebagai salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Bogor.

Jika Anda merindukan suasana alami yang begitu asri, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar